Rabu, 28 September 2022


Varietas Cabe Rawit S Dua MBE Enrekang Diakui Kementerian Pertanian

19 Agu 2022, 14:57 WIBEditor : Herman

Penyerahan Tanda Daftar Varietas Tanaman Lokal dari Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian

TABLOIDSINARTANI.COM, Enrekang --- Bupati Enrekang, Muslim Bando menyerahkan Tanda Daftar  Varietas Tanaman Lokal dari Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian kepada   masyarakat yang diterima langsung Ketua P4S Laskar Pelangi, Benny Arman  

Bupati Enrekang H. Muslimin Bando mengatakan, dengan adanya sertifikat varietas cabe rawit, hari ini menjadi kado terbaik di HUT Proklamasi RI bagi petani cabe di Bumi massenrempulu. Dengan terdaftarnya hasil tani akan mensejahterakan masyarakat. 

"Hasil petani Salodua Kecamatan Maiwa didaftarkan bisa untuk disebar dan tentunya meningkatkan nilai jual,"ujarnya.  

Muslimin menilai pihak Kementerian Pertanian memberi harapan dan menjadi motivasi bagi masyarakat Enrekang untuk lebih giat meningkatkan hasil pertanian. 

“Hari ini kami buktikan dengan penyerahan sertifikat sebagai tanda pemerintah mengakui bahwa varietas yang kita berikan sertifikat itu murni milik pemerintah dan masyarakat kabupaten Enrekang,”’ tambahnya.

 

Pemerintah daerah akan berupaya terus mengembangkan varietas tanaman Cabe Merah lokal cabai rawit S Dua MBE. 

“Setelah di daftar ini kita akan lakukan pelepasan, kita sudah mengambil langkah dengan uji adaptasi dan keunggulan," jelasnya.  

Sementara itu, Ketua P4S Laskar Pelangi Benny Arman mengatakan bahwa P4S Laskar Pelangi akan berbuat lebih baik ke depannya dengan sertifikat tentunya produk hasil tani lebih dihargai.  

 

"Banyak potensi lokal yg bisa menjadi Nasional, tetap berkarya Nyata untuk pangan dan terus bersinergi dengan stakeholder, dari desa membangun bangsa, dari desa mendunia," tandas Benny

Reporter : Suriady
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018