Selasa, 27 September 2022


Muzakarah Ulama Ketahanan Pangan, NU Kembangkan Urban Farming di Jakarta

30 Agu 2022, 16:25 WIBEditor : Herman

LPPNU Provinsi DKI Jakarta Selenggarakan Muzakarah Ulama Ketahanan Pangan | Sumber Foto:Indri

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Urban Farming di Jakarta yang bermanfaat terhadap ketahanan pangan mendapatkan perhatian dan apresiasi dari berbagai pihak, salah satunya Nahdlatul Ulama (NU). 

Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU) Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan kegiatan Muzakarah Ulama Ketahanan Pangan di Gedung Yayasan Al Fityan Husain Jl. Al Mubarok 1 No. 45 Cipulir Jakarta Selatan.

Kegiatan ini diharapkan dapat menginspirasi masyarakat dalam menjaga ketahanan pangan di DKI Jakarta dan menggerakkan kegiatan Jakarta Menanam.

Pada kegiatan ini turut hadir para pengurus NU DKI Jakarta diantaranya KH. Abdul Mu'in, M.Pd,  H. Taufik Damas, Lc, Jamaludin ST, MTSP, M. Ageng, S.Pd, Dian Purnamasari, SH, MH,  perwakilan PT. PLN UID Jakarta Raya Doddy Pangaribuan serta Para Nahdliyin.

 

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (DKPKP) Provinsi DKI Jakarta diundang dalam kegiatan ini, diwakili oleh Sub Koordinator Urusan Pertanian Perkotaan, Taufik Yulianto, yang menyampaikan materi tentang Pengembangan Urban Farming Sebagai Upaya Mewujudkan Ketahanan Pangan di DKI Jakarta.

Dinas KPKP terus berupaya mengembangkan Urban Farming di DKI Jakarta berdasarkan Instruksi Gubernur No 14 Tahun 2018 tentang Pelaksanaan Pertanian Perkotaan dan Desain Pertanian Perkotaan Tahun 2018-2030. 

“Dinas KPKP memberikan pelayanan bibit tanaman secara gratis untuk masyarakat, pembinaan dan pendampingan urban farming, pelayanan konsultasi hama dan penyakit tanaman secara online dan lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Pertanian Perkotaan memiliki banyak manfaat bukan hanya untuk ketahanan pangan keluarga saja, namun juga memiliki nilai ekonomi, menambah penghijauan lingkungan, tanaman dihasilkan pastinya lebih sehat dan secara sosial meningkatkan interaksi antar masyarakat", ujar Taufik. 

LPPNU mengharapkan dengan kegiatan ini kedepannya dapat terjalin kolaborasi antara LPPNU dan Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta dalam mengembangkan urban farming di DKI Jakarta.

 

 

Reporter : Indri
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018