Saturday, 24 October 2020


6 Produk Teknologi Cerdas 4.0 Kelapa Sawit Inovasi 104 Tahun PPKS Medan

25 Sep 2020, 19:03 WIBEditor : Ahmad Soim

Beragam Varietas Unggul Sawit Berkarakter Produksi PPKS Medan | Sumber Foto:Dok PPKS Medan/Ahmad Soim

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Medan – Besok, Sabtu, 26 September, Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Medan berusia 104 Tahun.  Perjalanan panjang institusi ini dengan berbagai dinamika kelembagaannya, kini berhasil memamerkan 6 produk teknologi cerdas 4.0 kelapa sawit.

 Kepala PPKS Medan DR. Edwin S Lubis mengatakan PPKS menjadi seperti hari ini karena mampu menjadi sebuah institusi yang berkomitmen terhadap inovasi untuk kemajuan perkelapasawitan Indonesia.

“Peringatan 104 tahun PPKS ini mengambil tema “Akhlak di era industry 4.0”. Tema ini selaras dengan trend perkembangan teknologi perkelapasawitan di era industri 4.0 sekaligus menyesuaikan dengan tata nilai baru dari Kementrian Badan Usaha Milik Negara,” tambahnya kepada tabloidsinartani.com (25/9).

Tata Nilai AKHLAK  merupakan singkatan dari Amanah, Kompetensi, Harmoni, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Semangat dari tema ini lanjutnya adalah kesiapan SDM PPKS untuk menyambut era digitalisasi dan internet of things untuk efisiensi biaya sekaligus peningkatan produksi minyak sawit dengan mengedepankan tata nilai AKHLAK.

Market Share Benih Meningkat

“Pada usia ke-104 tahun ini, saya mencanangkan tahun digitalisasi untuk PPKS,” tambah Edwin S Lubis. Kebersamaan seluruh sumberdaya insani PPKS dalam menjaga harmoni kerja telah  berhasil sampai pada pencapaian-pencapaian yang luar biasa, seperti penghargaan di bidang penelitian melalui IIRDI (Innovative Industrial R&D Institution) Award, penghargaan DxP Simalungun sebagai varietas kelapa sawit terfavorit, serta peningkatan market share PPKS di pasar benih kelapa sawit nasional.

BACA JUGA:

Disalurkan ke Mitra, PPKS Medan Produksi Benih Sawit 50 Juta Butir/Tahun

Bioneensis, Hemat 50 Persen Penggunaan Pupuk Kimia

“Kami berharap harmoni di internal PPKS yang telah terjalin selama ini tetap terjaga dan terus menjadi energi positif dalam meraih kemajuan-kemajuan yang lebih baik lagi di masa depan,” katanya.

 PPKS juga akan terus berupaya membangun industry minyak sawit Indonesia. Kami menyadari sepenuhnya, kolaborasi dengan mitra adalah mantra terkuat kami untuk tetap dapat bertahan dan terus maju di tengah tantangan disrupsi yang semakin nyata.

Produk Cerdas PPKS

PPKS Medan dalam usia ke 104 tahun memperkenalkan 6 produk cerdas (Smart Product PPKS) atau Teknologi 4.0 PPKS. Pertama, Varietas Unggul Berkarakter. PPKS secara terus menerus menghasilkan benih benih unggul sawit yang berkatakter. Diantaranya ada yang tinggi produksi CPO dan PKO-nya dan lain lain, yang terbaru PPKS Medan menghasilkan   benih unggul sawit DxP 540 NG yang moderate resisten Ganoderma pada tahun 2017.

Kedua, Teknologi Penurunan ALB (CPO Premium) dengan menggunakan Nano Dec-ALB untuk menghasilkan CPO Premium merupakan CPO yang memiliki kandungan ALB di bawah 3?n harga lebih tinggi dari CPO standar; Lebih hemat biaya produksi pada proses refinery (minyak goreng) dan keunggulan lainnya.

Ketiga, Precision Farming Cost dengan aplikasi drone untuk perkebunan kelapa sawit. Aplikasi drone/UAV di perkebunan kelapa sawit dapat dilakukan antara lain untuk: 1. Pemetaan Kebun, 2.Analisis Visual, misal: keperluan palm counting (sensus pohon) dan monitoring hama/penyakit. 3. Analisis Digital, misal: Identifikasi serangan Ganoderma dan analisis hara daun.

Keempat, Reduction Technology dengan teknologi pemupukan hayati hasil konsorsium bakteri yang berasal dari daerah perakaran kelapa sawit.

Kelima, Implementasi Smart Factory, di antaranya Penerapan Smart Factory di Pabrik Kelapa Sawit dengan memanfaatkan system otomatisasi (artificial intellegence) dan komunikasi data melalui IoT. Dengan penerapan ini owner memungkinkan untuk melakukan control di pabrik yang seakan-akan langsung berada di unit pengolahan dengan memanfaatkan bantuan sensor dan alat penginderaan untuk melakukan pengukuran, kontrol, dan komunikasi terhadap segala sesuatu yang terjadi selama proses produksi.

Keenam, Development Product, di antaranya untuk ketahanan   energi: biodiesel B50;  ketahanan pangan: Bolu Elaeis, Choco palm, cocoa butter substitute, palma frying shortening, palma margarin, palma roti, palma donat; Kosmetik: Guineensis, Sufaktan (siap komersil), vitamin dan Imunomodulator (sedang dalam tahapan riset)

 

 

Reporter : Som
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018