Thursday, 23 September 2021


Buah Lebat, Ini Trik Budidaya Apel dari Milenial Kota Batu

31 Jul 2021, 08:58 WIBEditor : Yulianto

Topa (kanan) bersama kontributor Sinar Tani, Soleman | Sumber Foto:Soleman

TABLOIDSINARTANI.Malang---Apel menjadi ikon Kota Malang dan Batu. Namun kini banyak lahan yang tergerus, dan tanaman mulai uzur termakan usia. Melihat kondisi memprihatinkan itu, Topa, sang milenial dari Kota Batu tetap bertahan membudidayakan apel.

Soleman, kontributor Sinar Tani sempat berkunjung ke lahan milik Topa dan mewawancarai mengenai trik budidaya apel. Menurut Topa, persiapan lahan dilakukan sebaiknya pada musim kemarau. Dimulai dengan membersihkan lahan dari tanaman pengganggu dan sisa tanaman sebelumnya. Jika lahan berupa lereng, hendaklah dibuatkan teras-teras yang akan berfungsi sebagai pengatur tata air pada musim hujan,” katanya.

Penentuan jarak tanam yang memadai adalah 3 x 4  atau 3 x 2,5 m. Untuk menentukan lubang tanam pada areal yang cukup luas, dapat menggunakan patok dan tali rafia sebagai alat bantu. Dengan cara ini dapat diperoleh barisan tanaman yang teratur. Sistem tanaman bisa jejer lurus segi-empat atau selang seling segitiga,” ujarnya.

Untuk persiapan lubang tanam dengan ukuran 60 x 60 x 50 cm, ungkap Topa, lubang digali dengan posisi patok berada dibagian luar, ditengah-tengah salah satu sisinya. Penggalian dilaksanakan 2 tahap. Pertama, digali 25 cm dengan hasil galian ditempatkan disebelah kiri patok. Kedua, penggalian hingga kedalaman 50 cm dengan tanah galian ditumpuk dibagian kanan patok.

Sedangkan lubang dibiarkan terjemur matahari minimal 1 minggu, agar media tanam terbebas dari gas-gas atau hama dan penyakit yang bakal mengganggu. Selanjutnya adalah penimbunan kembali galian dari bagian bawah ditimbunkan terlebih dahulu. “Jangan lupa timbunan bagian atas dicampur dengan pupuk kandang dingin kira-kira sebanding dengan tanahnya,” katanya.

Topa mengakui, penyediaan bibit tanaman apel Anna tergolong terbatas. Dirinya memperoleh bibit masih melalui sumber-sumber tertentu. Untuk penanaman sebaiknya  dilakukan saat musim hujan, sewaktu menempelkan bibit pada lubang. “Jangan sampai ada akar yang terlipat, sedangkan posisi batang harus lurus dan tidak ada akar yang masih terlihat di permukaan,” tuturnya.

Bagaimana memelihara tanaman apel? Baca halaman selanjutnya.

 

Reporter : Soleman
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018