Rabu, 28 September 2022


Polibag Ramah Lingkungan Ala Dosen FP USK

13 Sep 2022, 17:55 WIBEditor : Gesha

Polibag Ramah Lingkungan | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Banda Aceh --- Mendorong usaha ekonomi produktif masyarakat, tiga dosen Fakuktas Pertanian (FP) Universitas Syiah Kuala (USK) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) berhasil merancang polibag ramah lingkungan (Poraling).

Kegiatan ini dilakukan melalui pengabdian kepada masyarakat berbasis produk. Adapun tiga dosen tersebut yakni Yusnizar, SP., M.Si dari Ilmu Tanah dan Elvira Iskandar, M.Sc dari prodi Agribisnis FP - USK. "Dari hasil rancangan polibag ramah lingkungan (Poraling) digunakan untuk usaha persemaian bibit tanaman dan hortikultura di Banda Aceh," terang Prof. Syafuddin. 

Ketua PKMBP, Ir Erida Nurrahmi dari Prodi Agrotek menyatakan kelebihan Poraling tidak menghasilkan limbah sebagaimana polibag dari plastik dan dapat digunakan berkali-kali."Proses pembuatannya pun sangat mudah hanya menggunakan bahan dalam bentuk pipa," bebernya. 

Menurutnya, kegiatan tersebut dibiayai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) USK dan dari hasil perakitan poraling tersebut kelompok sasaran merasa lebih mudah memanfaatkan poraling dan dapat menekan biaya dalam pembelian polybag karena poralink dapat digunakan berkali kali.

"Hasil ini diharapkan dapat bermanfaat bagi kelompok mitra dalam peningkatan kapasitas dan membuka peluang pemasaran produk-produk yang dihasilkan oleh masyarakat," imbuhnya. 

Reporter : AbdA
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018