Jumat, 21 Juni 2024


Ramah Lingkungan dengan Detergen Belimbing Wuluh

06 Mei 2024, 14:39 WIBEditor : Gesha

Lima mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil mengembangkan deterjen yang ramah lingkungan dari ekstrak buah tanaman belimbing wuluh, yang mereka beri nama "Paper GenB". | Sumber Foto:UGM

TABLOIDSINARTANI.COM, Yogyakarta --- Lima mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil mengembangkan deterjen yang ramah lingkungan dari ekstrak buah tanaman belimbing wuluh, yang mereka beri nama "Paper GenB".

Inovasi tersebut muncul dari ide mahasiswa Jurusan Kimia UGM, Rizqa Irma Widayati, Pangestu Arum Pratiwi (Kimia), Nadia Ramadhani (Kimia), Aufa Nasywa Rahman (Teknologi Informasi), dan Afix Vega Praditya (Teknologi Informasi), yang bergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan UGM.

"Penemuan ini muncul dari keprihatinan akan dampak pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh penggunaan deterjen sintetis. Oleh karena itu, kami mengembangkan deterjen yang ramah lingkungan dan dapat terurai dengan mudah, mengusung prinsip tak ada limbah (zero waste)," ujar Rizqa Irma Widayati, salah satu anggota tim penelitian mahasiswa UGM, seperti yang dilansir Sinar Tani dari website UGM.

Rizqa menjelaskan, Paper GenB adalah salah satu produk inovasi detergen ramah lingkungan. Produk ini dibuat dengan menggunakan belimbing wuluh sebagai bahan dasarnya karena mengandung senyawa yang dapat digunakan sebagai detergen alami dan tentunya ramah lingkungan.

"Belimbing wuluh mengandung senyawa saponin yang dapat berfungsi sebagai busa alami dalam detergen dan aman bagi lingkungan," katanya.

Pengembangan detergen ramah lingkungan ini dilakukan sebagai respons terhadap detergen sintetis yang sering digunakan oleh masyarakat untuk mencuci, yang mengandung zat-zat yang dapat menyebabkan kematian organisme di dalam air, mencemari ekosistem, bahkan berpotensi membahayakan kesehatan manusia.

Produk detergen ini menghasilkan sedikit busa karena terbuat dari bahan alami, sehingga tidak menyebabkan iritasi pada kulit dan tidak mencemari ekosistem air. Menurutnya, produk detergen ini dikemas dalam bentuk lembaran (sheet) dengan kemasan yang mudah terurai dan dapat didaur ulang.

Meskipun dikemas dalam bentuk lembaran kertas yang berbeda dari produk detergen pada umumnya, menurutnya, produk tersebut mudah larut dalam air dan terbukti efektif untuk mencuci pakaian.

Produk tersebut juga dilengkapi dengan kode QR yang terhubung dengan laman web, sebagai sarana untuk edukasi, komunikasi, dan pembelian.

"Paper GenB dapat digunakan untuk semua jenis kebutuhan pencucian, baik secara manual (dengan tangan), menggunakan mesin cuci bukaan atas, maupun mesin cuci bukaan depan," ungkap Rizqa.

Bagi Anda yang tertarik dengan produk ini, tidak perlu khawatir karena Paper GenB sudah tersedia di beberapa platform marketplace seperti Shopee, Tokopedia, dan website resmi papaergenb.com. Setiap paket Paper GenB berisi 30 lembar dan dijual dengan harga Rp35.000.

Reporter : NATTASYA
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018