Rabu, 24 Juli 2019


Nurdin Ipo, Sukses Bertani Padi di Sela Tanaman Kelapa

16 Jan 2019, 16:44 WIBEditor : Yulianto

Panen padi gogo di lahan Nurdin | Sumber Foto:Pitra Neli

 

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Pariaman---Makin terbatasanya lahan sawah karena terjadi alih fungsi lahan, pemerintah kini mendorong pengembangan budidaya padi di lahan kering, termasuk kawasan perkebunan. Salah satu yang kini telah berhasil adalah Nurdin Ipo.

Dengan bimbingan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Pariaman, Nurdin membudidayakan padi gogo disela-sela tanaman kelapa. Pemda Kota Pariaman sendiri memprogramkan pertanaman padi gogo seluas 3 ha yang dikembangkan di Kecamatan Pariaman Tengah yakni di lahan milik Kelompok Tani Cahaya Gemilang. Salah satu petaninya adalah Nurdin Ipo yang tinggal di Dusun Koto Kaciak, Desa Pauh Timur.

Teknis budidaya yang dilakukan Nurdin Ipo dengan luas lahan 1 ha mulai dari pengolahan tanah, seleksi benih, tanam, pemelihara dan penen memang dilakukan  sesuai arahan penyuluh pertanian. Seperti apa tekniknya?

Pengolahan lahan

Pada prinsipnya pengolahan tanah dilakukan untuk menciptakan kondisi optimal bagi pertumbuhan padi yaitu menciptakan keseimbangan antara padatan, aerasi dan kelembaban tanah ada pengolahan tanah sedikit, bahkan tidak perlu dilakukan pengolahan tanah. Sebab jika dilakukan pengolahan justru merugikan. Sebab, disamping menambah biaya juga menyebabkan tanah lebih peka terhadap aerasi, sehingga kesuburan tanah menurun.

Demikian juga hasil padi yang di peroleh antara sistim tanah sempurna dengan olah tanah minimum tidak berbeda nyata. Olah tanah minimum, sehingga lebih ekonomis. Cara pengolahan tanah yang dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Diawali dengan membersihkan lahan dari gulma serta tanaman pengangu lainya, sambil memperbaiki saluran drainase
  2. Tanah di bajak atau di cangkul dua kali pada kedalaman 25-30cm tanah di balik hingga sempurna
  3. Pemupkan organik diberikan setelah bibit padi di tuggal ke lahan.
  4. Untuk menghaluskan tanah tanah digaru dan diratakan
  5. Tanah di biarkan sampai turun hujan sehingga tanah lembab

Setelah pengolahan lahan, selanjutnya bagaimana memulai tanam dan pemeliharaannya? Berikut ini caranya.

 

 

Reporter : Pitra Neli
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018