Thursday, 17 June 2021


Tiga Komponen Angkat Produksi Susu

04 Jun 2021, 21:13 WIBEditor : Yulianto

Peternak sapi perah belum menjadi prioritas pemerintah | Sumber Foto:Dok. Sinta

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta---Pemerintah dalam hal ini Ditjen PKH Kementan terus mengupayakan strategi kebijakan untuk perbaikan industri susu nasional. Dari sisi hulu, ada tiga komponen yang akan ditingkatkan, yaitu peningkatan populasi, perbaikan kualitas, dan peningkatan produktivitas.

Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan (PPHNak), Fini Murfiani menjelaskan, peningkatan populasi akan diupayakan lewat beberapa program prioritas seperti Sikomandan (Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri), pemasukan bibit sapi perah untuk replacement induk, rearing dan kemitraan.

Kemudian untuk perbaikan kualitas, akan dilakukan dengan pelatihan penerapan GAHP, GMP dan GHP, perbaikan peralatan dan infrastuktur, serta memfasilitasi UMKM untuk mengolah produk hasil peternakan. Lalu kami juga akan upayakan campaign dan promosi. Harapannya, agar konsumsi produk peternakan bisa meningkat," kata Fini.

Untuk peningkatan produktivitas, Fini mengatakan, akan dilakukan perbaikan genetik sapi perah melalui pemanfaatan pejantan unggul, penerapan GFP, pengembangan jenis sapi baru, peningkatan kompetensi SDM dan perbaikan kualitas dan kuantitas pakan.

Sedangkan dari sisi hilir, ada beberapa poin yang akan menjadi catatan peningkatan. Misalnya, diversifikasi dan inovasi produk, peningkatan mutu dan keamanan produk, serta promosi produk dan perluasan pasar.

Kemudian, untuk pengembangan usaha akan dilakukan beberapa upaya. Diantaranya, akses keuangan/kredit, kemitraan, pengembangan dan perluasan orientasi usaha, penguatan hilirisasi, diversifikasi dan inovasi produk, asuransi ternak, online pajak, memfasilitasi pajak penghasilan serta promosi.

Sementara itu, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) menilai peningkatan dan perbaikan industri susu akan membuat kebangkitan ekonomi menuju Indonesia maju. Karenanya, ia menyambut baik upaya peningkatan industri susu oleh Ditjen PKH Kementan.

"Segelas susu segar sehari akan berdampak positif bagi semua. Persusuan Indonesia bangkit, ekonomi Indonesia Maju. Ayo minum susu segar, energi masa depan bangsa. Para pahlawan pangan kita, khusunya para peternak juga harus Maju, Mandiri dan Modern," tutur Mentan SYL.

Reporter : Julian
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018