Wednesday, 17 August 2022


Beberapa Ternak Terindikasi PMK, Disnakin Enrekang Gerak Cepat Lakukan Vaksinasi

05 Aug 2022, 10:17 WIBEditor : Herman

Vaksinasi PMK oleh Disnakin Enrekang

TABLOIDSINARTANI.COM, Enrekang – Diketahui beberapa hewan ternak warga terdampak PMK,  Pemerintah Daerah Kabupaten Enrekang, melalui Dinas Peternakan gerak cepat melakukan vaksinasi (door to door) ke lokasi peternakan warga. 

Vaksinasi yang dipimpin Muh. Naim bersama sejumlah petugas dari Dinas Peternakan Enrekang dilakukan dilakukan untuk mencegah meluasnya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK),  

Tim menggelar vaksinasi dengan mendatangi langsung pemilik ternak dengan cara door to door 

Muh Naim menjelaskan pemberian vaksin ini baru tahap awal, sedangkan perdananya kita laksanakan dulu di Kecamatan Cendana dan selanjutnya ke kecamatan lain. 

“Pelaksanaan vaksin virus PMK ini, kami bagi dua tim. Saat ini kami berada di Desa Pinang melakukan vaksin sementara tim lainnya berada di desa Lebang, “ujar Naim 

Pelaksanaan vaksin dilakukan pagi hari kemudian sapi yang di vaksin hanya sejenis sapi perah dulu, karena sapi perah sangat rentang terkontaminasi. Dan setiap sapi mendapatkan dosis takaran 2ml, sekali suntik ganti spuit. 

Kepala Desa Pinang, Rusli Sule yang juga berada di lokasi, merasa berterimakasih atas gerak cepat Dinas Peternakan Enrekang melakukan vaksinasi terhadap hewan ternak warga.  

“Apalagi wabah virus PMK ini sudah menyeluruh di Indonesia, sehingga kecemasan warga kami takut jika hewan ternaknya terdampak.” Ujar Rusli  

Salah satu warga dusun Lekkong, desa Pinang, Abdul Wahid, merasa lega setelah sapi ternaknya mendapatkan vaksinasi, dirinya berharap setelah pemberian Vaksinasi ini tidak ada lagi virus PMK di Enrekang..

Reporter : Suriady
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018