Saturday, 29 January 2022


PERAGI Gelar Aksi Peduli untuk Masyarakat Terdampak Covid-19  

19 Jul 2021, 19:12 WIBEditor : Yulianto

Aksi peduli Peragi Banten | Sumber Foto:Suroyo

TABLOIDSINARTANI, Serang---Dampak pandemi Covid-19 membuat berbagai sisi kehidupan menjadi terpengaruh. Banyak masyarakat yang terpaksa kehilangan pendapatan.

Untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19, Perhimpunan Agronomi Indonesia (Peragi) menggelar aksi peduli. Misalnya, Peragi Komisariat Daerah   Banten  (PERAGI Komda Banten) yang menggelar aksi peduli terhadap kaum dhuafa dan fakir miskin pada Minggu  (18/7).

Aksi Peduli yang dilakukan berupa pemberian  bantuan paket sembako untuk 50 orang.  Pembagian paket sembako ini dilakukan beberapa lokasi di Desa Singamerta Kecamatan Ciruas dan Desa Karang Kitri Kecamatan Pabuaran Kabupaten Serang)   serta di jalan-jalan utama di Kota Serang-Banten dengan mengedepankan protokol kesehatan.

Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama PERAGI Komda Banten dengan Fakultas Pertanian Untirta dan alumni, serta Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP)  Banten. Acara penyerahan paket Bantuan  secara simbolis di laksanakan di BPTP Banten yang juga dihadiri Kepala BPTP Banten, Dr. Ismatul Hidayah.

Ismatul menyampaikan apresiasi dan penghargaan sehingga aksi peduli ini bisa terlaksana. PERAGI Komda Banten bertekad untuk bisa berkontribusi secara konstruktif terhadap pembangunan pertanian dan juga untuk masalah sosial di lingkungannya. Kegiatan aksi peduli ini akan menjadi suatu agenda yang akan prioritaskan untuk dilaksanakan dimasa mendatang, ujarnya.

Sementara Ketua Peragi Komda Banten, Prof. Dr. Ir. Nurmayulis, juga menyampaikan rasa syukurnya atas kelancaran aksi peduli tersebut. “Alhamdulillah, aksi peduli ini berlangsung dengan baik dan tertib, dan disambut baik penerima paket bantuan,” ujarnya.

Paket bantuan yang diberikan berasal dari dari donasi anggota Peragi Komda Banten dan dukungan PERAGI Pusat.  “Semoga apa yang dilakukan PERAGI ini bisa menjadi amal ibadah dan membawa kemaslahatan bagi orang lain,kata Nurmayulis.

Komda DKI Jakarta

Sementara itu PERAGI  Komisariat DKI Jakarta juga menggelar kegiatan doa bersama melalui zoom meeting untuk mengajak seluruh elemen bangsa berdo'a untuk bangsa di tengah pandemi covid-19 dan aksi peduli untuk keluarga dhuafa dan miskin.

Kita ketahui, bencana Covid-19 hingga saat ini masih menyelimuti masyakat Indonesia. Berbagai cara telah di tempuh pemerintah pusat dan daerah untuk membendung laju penyebaran Covid-19, namun masih diperlukan kerja ekstra dan kerja sama semua pihak untuk mencegahnya agar dampak sosial dan ekonomi tidak semakin meluas,” tutur Ketua Peragi, Sylviana Murni.

Dana yang baru terkumpul dari aksi peduli ini sebesar Rp 5,5 juta. Paket sembako yang sudah disiapkan 100 paket seharga Rp 12 juta. Bantuan tersebut akan dibagikan ke masyarakat yang membutuhkan di wilayah Jakarta Pusat, Timur, Barat, Selatan, dan Kepulauan Seribu,  dalam bentuk Sembako senilai Rp. 125 ribu. Pembagian sembako kami lakukan serentak pada 18 Juli,” ujarnya.

Gayatri K Rana salah satu pengurus PERAGI komisariat DKI jakarta, mengatakan paket sembako aksi peduli PERAGI Komda DKI Jakarta berupa beras 5 kg, minyak goreng 900 ml; gula 1 kg; bawang merah 1 kg; bawang putih 0,5 kg dan jahe 0,5 kg.

Paket ini disalurkan untuk kaum dhuafa yang terkena dampak pandemi selama PPKM di DKI Jakarta. Harapannya banyak saudara kita para dhuafa yang mendapat rizki pembagian daging dari Idul Qurban. Jadi kita kasih minyak goreng, bawang merah dan bawang putih untuk masak daging sementara Jahe bagus untuk meningkatkan imunitas di masa pandemi,” ujarnya.

Reporter : Suroyo/Echa
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018