Senin, 22 April 2024


INDEF : Pemerintahan Baru Perlu Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi melalui Optimalisasi Sektor Pangan

27 Mar 2024, 09:34 WIBEditor : Gesha

Eko Listiyanto dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef) | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta -- Eko Listiyanto dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef) mendorong pemerintahan baru hasil Pemilu 2024 untuk fokus mengoptimalkan sektor pangan sebagai kunci utama dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi ke depan.

"Pertumbuhan ekonomi yang lebih baik bisa dicapai dengan mengutamakan sektor pangan," tegasnya dalam  diskusi publik Indef berjudul “Dinamika Lebaran dan Arah Ekonomi Prabowo-Gibran” di Jakarta.

Eko menambahkan bahwa visi-misi dari pasangan calon terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka telah memberikan perhatian yang cukup besar terhadap isu pertanian dan pangan sebagai upaya untuk mendorong ekonomi domestik.

Dia menyadari adanya faktor-faktor sulit yang tidak bisa dikendalikan dalam sektor pangan, seperti El Nino, tetapi dia yakin bahwa masih ada banyak faktor lain yang dapat dikendalikan dan dioptimalkan oleh pemerintah.

Eko menegaskan, jika strateginya hanya melanjutkan, sulit untuk mencapai pertumbuhan ekonomi 6-7 persen, mengingat pertumbuhan ekonomi sebesar 5 persen yang telah tercapai selama pemerintahan Jokowi.

Namun, ia optimis bahwa dengan memperbaiki ketahanan pangan ke depan, setidaknya akan terjadi peningkatan daya beli masyarakat.

Dengan memperkuat sektor pangan, Eko yakin Indonesia akan lebih kokoh dalam menghadapi fluktuasi ekonomi. Secara eksternal, Indonesia tidak akan terlalu terpengaruh oleh keputusan India untuk menghentikan ekspor beras.

Di sisi domestik, negara dapat menjaga stabilitas harga pangan meskipun permintaan meningkat dan pasokan terbatas pada periode tertentu, seperti bulan Ramadhan dan Idul Fitri.

Eko juga menekankan kerentanan kelas menengah terhadap fluktuasi harga pangan, karena meskipun mereka mungkin mengalami kenaikan pendapatan, namun mereka tidak menerima bantuan yang cukup seperti kelompok miskin.

"Walaupun terjadi kenaikan gaji, namun kenaikan harga akan menggerus pendapatan mereka. Oleh karena itu, dalam mencari solusi untuk memperbaiki situasi ekonomi, saya mendorong untuk fokus pada perbaikan sektor pangan," jelasnya.

Reporter : Nattasya
Sumber : INDEF
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018