Senin, 20 Mei 2024


PSR SEGERAKAN!, KELEMBAGAAN HIDUPKAN!

08 Mei 2024, 14:37 WIBEditor : Gesha

Pekebun memanen sawit | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, JAKARTA --- Sawit adalah sumber pendapatan dan ekspor penting yang harus berlanjut dan semakin efisien. Kondisi perkebunan rakyat sudah menua dan produktivitasnya menurun. Oleh karena itu Pemerintah saat ini terus mendorong peremajaan perkebunan sawit rakyat. Namun pelaksanaannya memang tak mudah. Kelembagaan petani diandalkan untuk mempercepar PSR dan memperkuat posisi tawar petani.

Beberapa informasi penting yang diangkat pada Tabloid kita muncul dari pertemuan dengan para petani sawit di Jambi. Masalah serupa terjadi  di seluruh wilayah Nusantara, semoga pemberitaan tentang kelembagaan petani sawit menjadi bahan masukan bagi pengembangan industri sawit kita.

Yang perlu kita sadari adalah kelembagaan yang sudah ada memerlukan penguatan SDM dan manajemen sehingga mempunyai kemampuan untuk berkomunikasi dengan berbagai pihak terkait. Sementara pekebun sawit harus dibangun semangatnya agar menjadi anggota aktif kelembagaan mereka sendiri.

Banyak pihak melihat rendahnya minat pekebun untuk menjadi anggota kelembagaan petani adalah karena kurangnya motivasi dan dorongan, serta kekurangan fasilitator. Jadi strategi dan pendekatannya mencakup membangun komunikasi yang erat dengan melibatkan petani muda untuk tampil dalam kelembagaan petani. 

Jangan dilupakan sawit mendapat ancaman serius dari Ganoderma. Di tengah lahan sawit yang tumbuh subur ternyata tersembunyi ancaman ganas yang mengintai di bawah tanah. Namanya Ganoderma, penyakit misterius yang tak terlihat, tapi mampu merusak pangkal batang tanaman kelapa sawit secara tak terduga. Berita tentang Ganoderma ditampilkan pada edisi kali ini tapi khusus bahasan mendalam akan dihadrikan pada edisi yang akan datang.

Berita lainnya adalah kegiatan Badan Pangan Naional yang terus menerus memperkenalkan pola pangan B2SA (Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman) yang mempunyai banyak dampak positif untuk kesehatan, mengatasi stunting dan menumbuhkan generasi yang sehat dan bersaing. 

Pola makan B2SA diperkenalkan pada kelompok usia dini, oleh karena itu kegiatan pengenalan pola makan B2SA dilakukan dengan berbagai pendekatan pada anak-anak sekolah TK dan SD.

Berita seksi lainnya adalah peningkatan produksi pada dan perluasan tanam. Bantuan pompa air dan mesin pengering diberikan kepada petani khususnya yang mengolah lahan tadah hujan dan mengantisipasi panen pada musim hujan. Pengalaman didera El Nino yang panjang telah berdampak besar pada produksi. El Nino diprediksi akan mengakibatkan musim hujan akan mundur, dan solusi dalam mengantisipasinya antara lain dengan pompanisasi.

Sahabat Sinar Tani yang Budiman.

Berita lainnya tak kalah menarik. Bagaimana peluang bisnis kelapa sawit begitu menjanjikan dan memberikan dampak pendapatan yang tinggi. Simak juga seorang kreatif dan inovator mengubah limbah menjadi barang bernilai tinggi dan sekaligus melibatkan dan memberdayakan masyarakat setempat.

Harapan juga muncul dengan adanya kerjasama di bidang pertanian dengan negara-negara Iran, Yordania dan Ukraina. Kerjasama adalah win-win untuk saling belajar, saling berbagi dan akhirnya saling membesarkan.

Selamat membaca.

Reporter : NATTASYA
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018