Jumat, 14 Juni 2024


Memacu (Lagi) ISPO

04 Jun 2024, 13:49 WIBEditor : Herman

Sertifikasi ISPO | Sumber Foto:Dok Sinta

TABLOIDSINARTANI.COM, Sahabat Tabloid Sinar Tani yang Budiman.

Kita kembali diingatkan bahwa perjalanan sertifikasi ISPO tersendat luar biasa sehingga dalam 4 tahun sertifikasi masih di bawah satu persen. Padahal berdasarkan target yang ditetapkan, dalam waktu hanya satu tahun lagi sertifikasi kebun sawit rakyat harus sudah selesai. Tentu ini jadi catatan upaya kita  dalam menerapkan pengembangan sawit berkelanjutan dan ramah lingkungan. Juga dalam promosi sawit ke seluruh dunia untuk memperolah apresiasi dan harga lebih baik di pasar ekspor.

Promosi dan upaya mempercepat telah diakukan dengan berbagai cara, tapi persyaratan yang susah dipenuhi oleh petani, dan prosses pajang melalui berbagai institusi di daerah dan pusat menjadi perhatian kita, bahwa yang sedang kita lakukan memerlukan penyempurnaan. Tabloid Sinar Tani akan mengupasnya pada edisi kali ini.

Sorotan kita kali ini membahas kondisi di lapangan dan upaya yang sedang dilakukan, menemukan penyebab dan kemungkinan solusinya. Sertifikasi ISPO sangat penting untuk dituntaskan karena merupakan komitmen kita  melaksanakan pertanian berwawasan lingkungan. Kita memerlukan pengakuan dunia bahwa sawit kita dibangun dengan berdasarkan konsep pertanian berkelanjutan.

Berita tentang peluang usaha di bidang pertanian terbuka lebar jika kita keluar dari tatapan kita hanya pada komoditas dan cara penyajian konvensional. Komoditas bernilai tinggi telah menjadi bisnis menjanjikan bagi mereka yang kreatif. Kopi tak henti menjadi hit dalam bisnis, duren kaya rasa dan beraneka terus menjadi buruan para penikmat.

Kambing tidak hanya menghasilkan daging tetapi juga susu yang kualitasnya sangat tinggi. Dan ayam, ayam goreng, komoditas yang sangat biasa bisa menjadi istimewa jika ditangani dengan lebih kreatif.

Anak muda diingatkan bahwa banyak cara untuk berbisnis di bidang pertanian. Perkembangan pertanian menjadi pertanian cerdas, memberikan kesempatan kepada kaum muda untuk memanfaatkan pengetahuan, skill dan pemikirannya memanfaatkan teknologi di bidang pertanian. Ke depan berita tentang peluang usaha bagi anak muda akan lebih banyak ditayangkan di tabloid kita. Masih ada beberapa berita lain yang menarik and temukan pada tyerbitan kali ini.

Sahabat Tabloid Sinar Tani, kami mengucapkan Selamat Membaca.

Reporter : Memed Gunawan
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018