Jumat, 26 April 2024


Penyuluh Pertanian Turut Sadarkan Petani Siaga Corona

30 Mar 2020, 16:37 WIBEditor : Gesha

Penyuluh pertanian turut serta membangun kesadaran petani akan pentingnya kesiapsiagaan atas Corona | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Malang --- Selain terus mendampingi petani untuk tetap berproduksi, penyuluh pertanian juga menggugah kesadaran petani untuk siaga akan Corona.

Seperti yang dilakukan penyuluh dari BPP Kalipare, Kabupaten Malang yang melaksanakan Senin Pahingan di Kelompok Tani Suko Maju desa Tumpakrejo kecamatan Kalipare. 

Berbeda dari biasanya, pertemuan kali itu menganut protokol pencegahan Corona dengan mengatur kursi tempat duduk para peserta pertemuan. Segenap anggota Penyuluh BPP Kalipare yaitu Ferly Tambunan, Mahmud Hariyadi, Sampuri dan Kiswanto selalu mengingatkan dan ikut serta dalam memberikan penyuluhan tentang bagaimana menjaga kesehatan dan cara sederhana dalam melakukan langkah pencegahan penyebaran virus tersebut. 

"Karena dengan kesehatan yang terjamin maka para pejuang pertanian tersebut dapat melalukan kegiatan pertanian secara baik," tutur salah satu penyuluh BPP Kalipare, Ferly. 

Pada kesempatan tersebut penyuluh selain melakukan pertemuan rutin, juga memberikan pengetahuan tentang langkah pencegahan penyebaran #virus Covid 19. Beberapa langkah Pencegahan yang dapat dilakukan dengan mudah yaitu : 1) Mencuci tangan sesering mungkin dengan menggunakan sabun, 2) Ketika batuk dan bersin agar ditutup dengan tissu atau tangan bagian dalam, 3) Menggunakan masker bila sakit dan tetap tinggal dirumah, 4) Menghindari keramaian, 5) Jika terjadi gangguan kesehatan segera berobat ke Puskesmas terdekat. 

"Dengan beberapa langkah sederhana tersebut maka diharapkan kesehatan petani dan keluarga dapat terjaga dan kegiatan pertanian dapat terjamin secara berkelanjutan," tambahnya. 

Hal ini sesuai Misi Bpk Budiar Anwar selaku Kadis DTPHP Kabupaten Malang untuk memberdayakan masyarakat tani dan Pembangunan usaha pertanian yang berdaya saing dengan di dukung sumber daya petani yang sehat jasmani dan rohani.

Dari hal yang sederhana tersebut, maka kesehatan petani tetap terjamin dan tidak sampai terjadi dampak yang serius sehingga dapat mengganggu kehidupan bermasyarakat. Jadi Penyuluh ikut serta dalam memberikan informasi.Petani Sehat Bangsa Sejahtera.#PertanianCegahCOFID19

Reporter : Ferly P Tambunan
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018