Wednesday, 01 December 2021


960 Petani  di Sumut Diajari Pintar Siasati Perubahan Iklim

27 Apr 2021, 14:02 WIBEditor : Ahmad Soim

Panen padi di Serdang Badagai | Sumber Foto:RE Gultom

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Medan – Para petani di Sumatera Utara mendapat sosialisasi program Simurp ( Strategi Irrigation Modernization and Urgen Rehabilitation) agar pintar mensiasati perubahan iklim dan menerapkan pertanian ramah lingkungan.

Simurp merupakan Proyek Nasional yang dilounching 19 Oktober 2019 di The Margo Hotel Depok, Jawa Barat.

Sumber dana dari proyek ini berasal dari Loan Agreement antar Pemerintah Indonesia dengan Word Bank ( WB ) dan Asian Infrastructure Investrment Bank (AIIB ).

BACA JUGA:

“Pengelolaanya empat Kementrian dan Lembaga yaitu  Bappenas, Kementrian PUPR, Kementrian Pertanian dalam hal ini Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian ( BPPSDMP ). Proyek ini mencakup 8 propinsi. Sumatera Utara menetapkan dua Kabupaten Daerah Irigasi Sei Ular yaitu Kab Deli Serdang dan Serdang Bedagai,” Kabid Penyuluhan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumatera Utara Ir  M Taufik Batubara M.Si pada acara pembukaan sosialisasi Pengelolaan SL Climate Smart Agricultura ( CSA ) di BPP Si Jonam kec Parbaungan kab Serdang Bedagai 27/4/2021.

 Sosialisasi proyek ini dilakukan di dua kabupaten. Di Deli Serdang dengan jumlah petani 480 orang. Diharapkan dengan adanya proyek ini petani mampu dan pintar menyiasati iklim dan mengurangi emisi rumah kaca dan pengurangan penggunaan pupuk kimia, tetap meningkatkan penggunaan pupuk organik serta penggunaan pestisida nabati yang akhirnya produksi padi meningkat.

Hadir pada pembukaan sosialisasi ini yang mewakili Kadis Pertanian Kabid Penyuluhan, Kordinator BPP Sijonam Saekkeus Silitonga SP dan seluruh PPL.

=== 

 

 

Sahabat Setia SINAR TANI bisa berlangganan Tabloid SINAR TANI dengan KLIK:  LANGGANAN TABLOID SINAR TANIAtau versi elektronik (e-paper Tabloid Sinar Tani) dengan klikmyedisi.com/sinartani/ 

Reporter : RE Gultom
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018