Thursday, 17 June 2021


120 Orang Petani Milinial Mengikuti Bimtek di Sumut

08 Jun 2021, 15:19 WIBEditor : Ahmad Soim

Bimtek untuk petani milenial | Sumber Foto:Abda

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Medan -- Pemerintah Provinsi Sumatera Utara memberikan bimbingan teknis kepada 120 petani milenial yang berasal dari 6 kabupaten di Sumut. 

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortilultura Sumut Ir Bahruddin Sitegar MM mengatakan salah satu program Bidang Penyuluhan tahun 2021 yakni  pembinaan dalam kegiatan Bimbingan Teknis ( Bintek ,) bagi 120 orang Petani Melinial di enam Kabupaten.

Harapan Kadis dari Bintek ini diperoleh peningkatan ilmu pengetahuan  petani serta perubahan sikap, keterampilan mau dan mampu melakukan.

Ditambahkannya semua petani akan mendapat pelatihan dan bimbingan dari Petani Melinial yang sudah mengikuti Bimtek dan Penyuluh Pertanian. Sehingga   akhirnya akan terjadi peningkatan hasil produksi pertanian. Hal ini disampaikan Kadis Bahruddin yang didampingi Safnurdin Asroy Nasution STP MM Kasie Kelembagaan  di kantor Dinas TPHSU jalan Jend Abdul Haris Nasution No 6 Gedung Johor Medan, 7 /6/2021.

Petani melinial yang didampingi Penyuluh mengikuti Bimtek seperti pembuatan pupuk organik cair dan padat, penggunaan alat uji tanah sawah, penanaman Jarwo super, perlakuan benih padi, serta penggunaan asap cair.

BACA JUGA:

Materi pelatihan ini disampaikan oleh Kelompok Jabatan Fungsional Prov dan praktisi diantaranya Ayong Purba SP,MMA, Ir Taufik Batubara Msi,Zulkarnain Nasution Spt, dan Rudyanto .

Bimbingan Teknis dilaksanakan dari bulan Mei dan Juni 2021, mulai dari kabupaten Langkat, Padang Lawas Utara, Padang Lawas, Madina ,Tapanuli  Selatan dan Simalungun. Menurut Asroy bahwa pelatihan ditempatkan di Balai Latihan Penyuluhan Pertanian (BPP ) agar petani melinial mengenal bahwa rumah besar pertanian adalah BPP juga untuk memudahkan praktek langsung yang dilakukan petani. Kemudian ditambahkan Asroy bintek yang baru dilaksanakan bulan Mei di Kabupaten langkat dan Simalungun.

____

 

 Sahabat Setia SINAR TANI bisa berlangganan Tabloid SINAR TANI dengan KLIK:  LANGGANAN TABLOID SINAR TANIAtau versi elektronik (e-paper Tabloid Sinar Tani) dengan klikmyedisi.com/sinartani/ 

 

 

Reporter : RE Gultom
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018