Sunday, 24 October 2021


Petani Sumatera Utara Diajari Bertani Pintar Mensiasati Iklim dan Beragribisnis

20 Jun 2021, 05:22 WIBEditor : Ahmad Soim

Tanam jahe | Sumber Foto:RE Gultom

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Deli Serdang -- Untuk menjadikan petani maju, mandiri dan modern, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BBPSDMP) Kementan melakukan  pemberdayaan sumber daya petani  melalui program SIMURP.

Pada tahun 2021 ada 192 Kelompok Tani di Kabupaten Deli Serdang dan Serdang Bedagai yang mendapat pemberdayaan dan demplot tanam padi pola CSA (Climat Smart Agriculture) serta menciptakan petani muda milinial yang menguasai market linkage menuju korporasi petani.

“Menindak lanjuti program SIMURP, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Prov Sumut menugaskan Kasie Kelembagaan Bid Penyuluhan M Syafnurdin Asroy STP.MM, dua orang PJ Simurp serta 10 Kordinator BPP kab Deli Serdang dan Serdang Bedagai selama 3 hari ke Bandung,” kata  Sekretaris Dinas TPHSU Ir Hajijah,Msi, Rabu 17/6/2021.

BACA JUGA:

Ir Hajijah menambahkan dari upaya perbadayaan petani pemuda/ milenial di dua kabupaten, delapan Balai Penyuluhan Pertanian pada kegiatan Simurp 2021, kita harapkan akan menjadi pemicu atau pendorong pergerakan ekonomi pemuda.

“Dengan adanya market linkage menuju korporasi petani maka selanjutnya BPP melakukan seleksi calon petani calon lokasi ( CPCL ) yang telah aktif mengikuti usaha tani dengan mengikuti situasi kebutuhan pasar. Mata rantai atau jejaring pasar saat ini menjadi prinsip dasar dimana petani muda harus merubah pola pikir petani masa lalu. Sebelum  bercocok tanam dilihat dulu permintaan pasar, sistim pasca panen dan sistim pembanyaran.

“Petani muda milenial yang telah mendapat rekomendasi dari Kordinator BPP diharapkan mampu membina dan mengajak teman temannya atau komunitas petani muda untuk membuka market lenkage. Harapannya petani muda milinial mendapat fasilitasi modal usaha  yang harus dikembangkan,” kata Kasie Kelembagaan Tenaga M Syafnurdin Asroy STP.MM.

=== 

Sahabat Setia SINAR TANI bisa berlangganan Tabloid SINAR TANI dengan KLIK:  LANGGANAN TABLOID SINAR TANIAtau versi elektronik (e-paper Tabloid Sinar Tani) dengan klikmyedisi.com/sinartani/ 

Reporter : RE Gultom
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018