Thursday, 23 September 2021


Kunjungi Desa Wisata Rammang-rammang, Menteri Sandiaga dan Youtuber Atta Halilintar Berbalas Pantun

19 Jun 2021, 19:42 WIBEditor : Ahmad Soim

Menteri Sandiaga dan Atta Halilintar kunjungi desa wisata | Sumber Foto:Suriady

 
TABLOIDSINARTANI.COM, Maros – Mengunjungi Desa Wisata Rammang-rammang, Menteri Sandiaga berbalas pantun dengan Youtuber Atta Halilintar.
 
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno, tepatnya melakukan kunjungan ke Desa Wisata Rammang-Rammang, di Kabupaten Maros, Kamis, 17 Juni 2021. Kunjungan Sandiaga didampingi Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, turut serta Youtuber Atta Halilintar dan adiknya Thariq juga influencer Makassar, Tumming-Abu.
 
Plt Gubernur Sulsel dan Bupati serta Wakil Bupati, menyambut di Dermaga 2. Sandiaga dan Atta menyampaikan pantun berbalas. Sebelum naik perahu keduanya disambut Tari Paddupa dan tradisi Angngaru.
 
“Dari desa sampai ke kota/ Semua pasti rindu wisata/ Eh ketemu lagi saya sama Bang Atta/ Kalau boleh tahu lagi di mana kita?/” kata Sandiaga Uno.
 
“Kalau kata Dilan rindu itu berat/ Jadi jangan ditahan temui aja sekarang/ Destinasi ini eksostisnya paling tidak ada obat/ Karena kita ada di Rammang-rammang Desa Salenrang/” sebut Atta.
 
“Pergi mendayung lihat kelomang/ Ayo lanjut keliling Kampung Rammang-rammang Desa Salenrang!/” ucap Sandiaga.
 
“Paling bikin hepi emang pariwisata di Indonesia/ Ayo Mas Menteri kita lanjut berkeliling/” balas Atta.
    
BACA JUGA:

Kunjungan Menteri Pariwisata ini untuk melihat potensi-potensi wisata yang ada di kawasan karst terbesar kedua dunia ini. Serta merupakan bagian dari kegiatan Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif yang menggelar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021, dengan tema Indonesia Bangkit, yang merupakan salah satu program pengembangan kepariwisataan di Tanah Air. Sosialisasinya dimulai 22 Mei 2021 sampai dengan 25 Juni 2021.

Ajang ini mendorong desa-desa wisata berbenah dan turut serta untuk mengikuti anugerah tersebut. Bertujuan membangkitkan perekonomian sektor wisata di Indonesia. Juga sebagai program unggulan dan program andalan masyarakat pelaku wisata. Desa wisata menjadi bentuk kebangkitan ekonomi di pandemi Covid-19 pada sektor ekonomi wisata.

Wakil Bupati Maros, Suhartina Bohari, menjelaskan, Rammang-rammang merupakan wisata sungai dengan pemandangan pegunungan batu karst. Dengan bentangan gunung karstnya sekitar 45 ribu hektare, terbentang dari Kabupaten Maros dan Pangkep.

“Enaknya di sini, selain ditempuh bisa dengan jalan darat. Menariknya itu juga bisa dengan jalur perahu (sungai),” sebutnya.

Menawarkan keunikan pemandangan perkampungan masyarakat dengan gunung kars. Di sana, UMKM yang memanfaatkan sumber daya alam daun nipah juga hidup.

Suhartina berharap, pada pagelaran Anugrah Desa Wisata Indah 2021 melalui Rammang-rammang, Kabupaten Maros dapat mempersembahkan hasil terbaik.

“Untuk Anugrah Desa Wisata, Insyaallah harus menang, karena kita juga punya daya tarik penginapan yang betul-betul tradisional yang menerapkan go green. Ayo ke Maros, di Maros semua ada,” harapnya.

Saat ini, Pemerintah Maros juga menggalakan kawasan untuk dapat dinilai oleh Unesco untuk menjadi Geopark Dunia. Pesona alamnya mungkin tak bisa ditemukan di belahan dunia lain.

Andi Sudirman Sulaiman bersama Sandiaga Uno di Rammang-rammang menyusuri Sungai Pute, singgah di Kampung Berua, salat, dan makan siang di Eco Lodge.

Selain di Maros, Sandiaga juga berkunjung ke Gowa, Pangkep, Sinjai dan Makassar.

=== 

Sahabat Setia SINAR TANI bisa berlangganan Tabloid SINAR TANI dengan KLIK:  LANGGANAN TABLOID SINAR TANIAtau versi elektronik (e-paper Tabloid Sinar Tani) dengan klikmyedisi.com/sinartani/ 

Reporter : Suriady
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018