Tuesday, 17 May 2022


BBPP Batangkaluku Lakukan Pengenalan dan Edukasi Dini Pertanian

24 Jan 2022, 10:54 WIBEditor : Herman

Kunjungan Siswa PAUD Ke BBPP Batangkalukuh

TABLOIDSINARTANI.COM, Gowa - Pengenalan dan edukasi pertanian sudah dimulai sejak dini. Seperti yang dilakukan BBPP Batangkaluku yang mendapat kunjungan PAUD Madrasah Arifah dalam rangka pengenalan dan edukasi pertanian kepada para siswa.

Mengenalkan dunia pertanian sejak dini menjadi salah satu program Kementerian Pertanian dimana saat itu Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Prof Dedi Nursyamsi menjelaskan, seluruh kegiatan pendidikan, pelatihan dan penyuluhan akan mendukung penumbuhan pertanian milenial, salah satunya pertanian masuk sekolah.  

Salah satunya dengan apa yang dilakukan PAUD Madrasah Arifah yang berkunjung ke Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku guna mengenalkan langsung anak-anak serta untuk memupuk sejak dini kecintaan terhadap pertanian. Rabu. (19/01) 

Puluhan siswa PAUD Madrasah yang berlokasi  di Pangkabinanga, Kec. Pallangga, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan ini begitu antusias mengikuti kunjungan tersebut.  

Para siswa mengelilingi balai sambil melihat tanaman yang ada, melakukan panen kangkung, memberi makan ternak sapi, pengolahan kompos, lumbung jamur, screen house hidroponik, dan yang paling menarik adalah di laboratorium pengolahan hasil pertanian, mereka bisa menikmati langsung donat yang bahan dasarnya dari buah labu.  

"Kebetulan tema semester ini yaitu tentang tanaman dan terimakasih BBPP menerima kami," ungkap Hadrah, Kepala Sekolah Madrasah Arifah saat panen kangkung.  

Tujuan kunjungan ke BBPP Batangkaluku dilakukan untuk memperkenalkan kepada murid-murid  bagaimana tanaman saintifik, bukan hanya melalui gambar yang di paparkan, tapi beraktifitas langsung untuk melihat bentuk tanaman yang di sekitar kita utamanya yang dikonsumsi. 

Diharapkan, pengalaman selama kurang lebih dua jam tentang tanaman siswa-siswi lebih mengenal tanaman yang dapat di konsumsi, lebih aktif dan kreatif untuk menjaga lingkungannya.

Reny Hasriani, Widyaiswara BBPP Batangkaluku mengatakan kegiatan ini dapat menjadi inspirasi baru bagi anak–anak. Selain di lahan pertanian, di rumah juga mereka bisa belajar memanfaatkan lahan pekarangan untuk pertanian dan adanya kunjungan ini, diharapkan semua pihak dapat lebih semangat menanam dalam memanfaatkan lahan. 

"Semangat adik-adik dari PAUD Madrasah Arifah menjadi inspirasi untuk lebih mencintai dunia pertanian karena sektor pertanian ini sangat penting dalam menyediakan pangan bagi suatu bangsa”, pungkasnya.

Reporter : Suriady
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018