Rabu, 22 Mei 2019


Meski Berstatus THL-TBPP, Sunarto Tetap Gigih Bekerja

21 Peb 2019, 10:06 WIBEditor : Gesha

Sunarto (berbaju hijau) terus gigih bekerja untuk penyuluhan pertanian | Sumber Foto:LELY

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Sukabumi --- Cintailah pekerjaanmu, lakukanlah dengan sepenuh hati. Itulah kira-kira gambaran dari THL-TBPP dari Kabupaten Sukabumi, Sunarto yang selalu gigih bekerja bahkan mampu menorehkan berbagai prestasi.

Pria yang lahir di sebuah desa kecil yang bernama Doplang,Kecamatan Jati Kabupaten Blora Provinsi Jawa Tengah ini memang dibesarkan dan menyelesaikan pendidikan terakhir di Sekolah Pembangunan Pertanian Sekolah Menengah Pertanian Atas ( SPP-SPMA ) Dati I Lampung pada tahun 1989.

"Sebelum menjadi penyuluh, saya  pernah bekerja selama kurang lebih 14 tahun pada perusahaan swasta nasional yang bergerak di bidang pertanian",jelasnya.

Namun panggilan mencintai dunia penyuluhan, mendorongnya menjadi seorang penyuluh pertanian. Bergabung sebagai Penyuluh dengan Status Tenaga Harian Lepas  Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian ( THL TBPP ) angkatan III tahun 2009 hingga sekarang.

Tak terasa, sudah 10 tahun lebih dirinya menggeluti dunia penyuluhan pertanian dan merasa menjadi pilihan terbaik bagi dirinya.

Tak hanya mengabdikan dirinya untuk menjadi rekan petani, rasa cintanya pada dunia pertanian ia turunkan  anaknya yang saat ini duduk di bangku Perguruan Tinggi Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor ( POLBANGTAN BOGOR ) Tingkat 1 Program Pendidikan Agribisnis Hortikultura ( AGH).

Tidak berbeda dengan penyuluh lainnya, Sunarto tak kenal lelah untuk mendampingi petani di wilayah binaannya.  Selama menjadi THL TBPP, Sunarto telah mengalami 3 kali pergantian wilayah kerja.

Mulai dari BP3K Palabuhanratu ( 1 Maret 2009 sampai dengan 13 Januari 2011) dengan wilayah binaan khusus desa Citarik,  BP3K Sukalarang (14 Januari 2011 sampai dengan Juli 2018) dengan wilayah binaan desa Priangan Jaya dan terdiri dari  1 Gapoktan dan 13 Kelompoktani, hingga dirinya kini bekerja di BPP Kecamatan Sukabumi dengan wilayah binaan Desa Perbawati dan Karawang sebanyak 2 Gapoktan dan 21 Poktan.

Jerih payahnya tidak sia-sia,kegigihan membawanya meraih penghargaan. Dimulai dengan Penyuluh THL TBPP berprestasi peringkat ke Dua tingkat Kabupaten Sukabumi tahun 2013, Penyuluh THL TBPP berprestasi peringkat ke Satu tingkat Kabupaten Sukabumi tahun 2014 hingga menjadi nominasi Penyuluh berprestasi tingkat Provinsi  Jawa Barat.

Selain itu, ia  telah mewakili BP3K Sukalarang dalam ekspose penilaian UKPP berprestasi tingkat Nasional dalam rangka Abdi Bakti Tani tahun 2013 di Bandung dan meraih peringkat 2 Nasional.

Bila ditanyakan keinginan terbesarnya saat ini, tentunya ia ingin menjadi ASN namun kondisi ini tidak menyurutkan semangatnya untuk memberikan yang terbaik demi pembangunan pertanian.

Saat ini yang terpenting baginya adalah mampu mendampingi petani agar dapat meningkatkan kesejahteraannya. Karena baginya penyuluh adalah sahabat petani. "Bila petani sejahtera pastinya bangsa ini akan berjaya, ungkapnya optimis.

 

Reporter : Lely
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018