Senin, 18 November 2019


Lulus PPPK, Penyuluh Pertanian Sebentar Lagi Punya NI PPPK

26 Apr 2019, 14:36 WIBEditor : Gesha

NI PPPK akan diberikan setelah ASN memenuhi pemberkasan yang telah diberikan tenggat waktu | Sumber Foto:NUR FAJAR

Batas waktu yang akan diberikan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk melengkapi persyaratan bagi PPPK hanya 15 (lima belas) hari kerja sejak tanggal pemberitahuan dan apabila terdapat faktor letak geografis, ditambah 10 hari kerja.

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Kabar gembira bagi 11.606 Penyuluj Pertanian THL TBPP yang sudah lulus passing grade. Tidak lama lagi akan  mempunyai Nomor Induk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (NI PPPK). Sehingga segala hak dan kewajiban sebagai PPPK akan langsung melekat pada dirinya.

Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Pengadaan dan Kepangkatan Aparatur Sipil Negara (ASN), Ibtri Rejeki pada kegiatan Rapat Koordinasi Percepatan Pengangkatan ASN PPPK Penyuluh Pertanian yang telah dilaksanakan pada tanggal 25 April 2019 di Auditorium Gedung F Kementerian Pertanian.

Rakor tersebut hanya dihadiri oleh 127 orang Kepala Dinas yang menyelenggarakan Fungsi Penyuluhan Pertanian di Provinsi dan Kepala Dinas yang menyelenggarakan Fungsi Penyuluhan Pertanian di Kabupaten/Kota.

Bagi ASN PPPK Penyuluh Pertanian yang telah dinyatakan lulus dan diterima, maka tahapan selanjutnya adalah mereka berhak memperoleh NI PPK dan ada 6 (enam) tahapan untuk mendapatkan NI PPPK, diantaranya adalah: (1) Pemanggilan, (2) Persyaratan Administrasi, (3) Pemeriksaan Kelengkapan, (4) Penyampaian Usul Penetapan Nomor Induk PPPK, (5) Penetapan Nomor Induk PPPK, dan (6) Keputusan Penetapan Nomor Induk PPPK.

Batas waktu yang akan diberikan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk melengkapi persyaratan bagi PPPK hanya 15 (lima belas) hari kerja sejak tanggal pemberitahuan dan apabila terdapat faktor letak geografis, ditambah 10 hari kerja.

Ibtri juga mengungkapkan apabila sampai dengan batas waktu yang ditentukan tidak dapat memenuhi atau tidak dapat melengkapi berkas, maka peserta seleksi yang bersangkutan dianggap tidak memenuhi syarat.

NI PPPK yang akan diberikan oleh Kepala BKN/Kepala Kantor Regional BKN paling lama adalah 25 hari setelah diterimanya usul penetapan NI PPPK dan sebanyak 16 digit angka.

"ASN PPPK Penyuluh Pertanian juga akan diberikan gaji dan tunjangan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, yang membedakannya hanya ASN PPPK Penyuluh Pertanian “tidak menerima pensiun” saja," ujar Ibtri.

Untuk percepatan proses penetapan NI PPPK, maka langkah-langkah yang akan dilakukan oleh BKN adalah dengan bersurat kepada Pejabat Pembina Kepegawaian Daerah untuk segera menyampaikan usul penetapan NI PPPK dan Kepala BKN akan menetapkan batas waktu penyampaian usul penetapan NI PPPK.

Untuk itu Ibtri, memohon kepada peserta yang hadir agar segera memproses langkah-langkah selanjutnya setelah sampai di daerahnya masing-masing.

Reporter : Nur Fajar
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018