Kamis, 27 Juni 2019


Dibina Penyuluh, Bartim Panen Bawang Merah

19 Mei 2019, 13:55 WIBEditor : Ahmad Soim

Panen bawang merah di Barito Timur | Sumber Foto:Lukman H

Dinas Pertanian Bartim mendorong kelompok tani untuk bersemangat menanam bawang merah

 
TABLOIDSINARTANI.COM, Kalteng -Semakin banyak daerah di Indonesia yang bakal menjadi sentra budidaya buwang merah, di antaranya adalah Barito Timur, Kalimantan Tengah.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur Kalimantan Tengah Ir. Riza Rahmadi, MM ,  mendorong  kelompok tani   hortikulura  di Kabupaten Barito Timur Kalimantan Tengah  meningkatkan produktivitas bawang merah. Harapannya,   komoditas tersebut tidak lagi menjadi salah satu komoditi  penyumbang inflasi di kabupaten Barito Timur Kalteng.

"Bawang Merah  dan cabai sebagai salah satu komoditas yang bisa menyebabkan inflasi di kabupaten Barito Timur Kalteng, oleh sebab itu Dinas Pertanian Bartim  mendorong kelompok tani untuk bersemangat  menanam bawang merah," kata Pinatariani koordinator BPP Patangkep Tatui Bartim Kalteng  saat panen bawang merah bersama kelompok tani jala wao di Desa Pulau Padang, Kecamatan Patangkep.

Kabupaten Barito Timur Kalteng  mempunyai beberapa wilayah pertanian yang menjadi  sentra tanaman bawang merah, seperti kecamatan Dusun Tengah dan salah satunya adalah di Desa Pulau Padang melalui kelompok tani (poktan) Jala Wao yang diketuai oleh Witer.

Saat ini Poktan Jala Wao  menggarap lahan usaha tani seluas 2 hektare yang secara keseluruhan ditanami bawang merah, dan  menjadi komoditas hortikultura baru petani setempat. Semoga dengan adanya kegiatan panen bawang merah di kecamatan Patangkep Tutui ini mampu membawa Kabupaten Barito Timur Kalteng swasembada komoditi Hortikultura dan kesejahteraan masyarakat petani serta penyuluh pertanian dapat meningkatkan.

Reporter : Lukman H
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018