Sabtu, 17 Agustus 2019


Jadikan Bagian Pencetak SDM Professional, Dua Kepala BB Pelatihan Dilantik

24 Jun 2019, 16:37 WIBEditor : Gesha

Pejabat yang baru harus segera melaksanakan program kerja strategis Kementerian Pertanian. | Sumber Foto:NUR FAJAR

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Perubahan jabatan mencerminkan adanya dinamika organisasi untuk menghadapi tantangan yang terus berubah. Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) pun melakukan serah terima jabatan dua kepala balai besar pelatihan di Jakarta, Senin (24/6).

Dua Kepala Balai Besar Pelatihan tersebut adalah Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian Batangkaluku, Sabir, S.Pt., M.Si. dan Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang, drh. Bambang Haryanto, MM.

Prosesi sertijab tersebut dipimpin oleh Sekretaris BPPSDMP, Dr. Ir. Prihastyo Setyanto, M.Sc. serta disaksikan oleh Kepala Pusat Pendidikan Pertanian dan Kepala Pusat Pelatihan Pertanian. Sertijab juga dihadiri oleh Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator lingkup BPPSDMP.

Sesban Prihastyo Setyanto mengucapkan selamat atas terpilihnya Kepala Balai Besar Pelatihan yang baru dan mengucapkan terima kasih kepada pejabat sebelumnya Dr. Ir. Dwi Praptomo Sudjamitko, M.S (Balai Besar Pelatihan Pertanian Batangkaluku) dan Dr. Ir. Adang Warya, MM (Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang) atas pengabdian dan peran sertanya dalam mensukseskan program kerja strategis Kementerian Pertanian.

Prihasto juga mengibaratkan bahwa pelantikan seperti rumus “regresi linear”, dimana perubahan ada di fungsi a x dan harus bernilai positif dan berada di atas garis konstanta, yang maknanya dapat dipahami bahwa setiap individu harus menciptakan linear positif.

Pejabat yang baru harus segera melaksanakan program kerja strategis Kementerian Pertanian. Harus bekerja cepat, memahahi program BPPSDMP ke depan seperti apa, serta sdm pertanian ke depannya akan di bawa ke arah mana karena BPPSDMP merupakan ujung tombak dari SDM Pertanian.

"Pejabat tidak hanya menjalankan tugas jabatan dengan cara kerja yang biasa saja, tetapi harus terus menerus meningkatkan prestasi, mengingat tantangan ke depan sudah menanti, dan kita akan menghadapi tahun-tahun yang penuh dengan tantangan," tuturnya.
 
Indikator kinerja bukan berapa banyak yang dilatih dan dididik tapi berapa banyak yang sudah menjadi job creator dan job seeker yang merupakan indikator BPPSDMP.

Di akhir sambutannya Prihasto juga menuturkan bahwa tugas dan tanggung jawa kedua Kepala Balai Besar sangat besar, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya melakukan monitoring dan evaluasi secara terus menerus terhadap semua kegiatan prioritas nasional serta melanjutkan proses reformasi birokrasi.

"Jabatan adalah  amanah, tanggung jawab yg diemban tidaklah mudah, maka segeralah beradaptasi, pelajari tupoksi, segera lakukan koordinasi dan susun rencana kerja. Selain itu harus berkomitmen pada konsepsi perubahan sdm bekerja terbaik, cepat, tepat, fokus, loyal, kapabel dan berorientasi hasil," tutupnya.

 

Reporter : Nur Fajar
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018