Senin, 18 November 2019


Bersama Penyuluh Menjaga Kelestarian Sumber Air Curug Sawer

28 Jul 2019, 08:46 WIBEditor : Gesha

Dengan penataan pariwisata dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya sumber air, Curug Sawer bisa menjadi wisata favorit | Sumber Foto:ARIF

TABLOIDSINARTANI.COM, Serang--- Objek wisata Curug Sawer di Ciomas, Serang, Banten merupakan salah satu destinasi wisata alam berupa air terjun dengan pemandangan sawah di pegunungan yang begitu indah. Penyuluh bersama warga masyarakat senantiasa menjaga kelestariannya sebagai sumber air.

Dibandingkan dengan wisata lain, Curug sawer ini sangatlah tersembunyi dan hanya beberapa orang saja yang mengetahuinya. Dari jalan raya ke tempat wisata ini harus berjalan sejauh 2 km dengan melewati kebun, ladang dan sawah berbukit.

Camat Ciomas, Edi Suhardiman menuturkan pihaknya senantiasa menggali berbagai informasi untuk bisa mengambangkan potensi kemajuan masyarakat di bidang pertanian dengan menggunakan sumber air Curug Sawer. 

"Akhirnya saya berkoodinasi dengan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) kec.ciomas karena saya sendiri dari pertanian dan sebelum jadi camat adalah seorang penyuluh pertanian. Disini ternyata banyak sumber-sumber mata air yang ada di Ciomas ini," tukasnya.

Kecamatan Ciomas sendiri berada di wilayah Kabupaten Serang Selatan yang merupakan daerah pegunungan dan Desa Ujung Tebu yang menjadi lokasi Curug Sawer, berada tidak jauh dari kaki Gunung Karang. "Saya merasakan kesegaran dn keindahan setelah melihat air terjun yg di sekitarnya masih alami," tambahnya.

"Curug Sawer ini memang merupakan salah satu sumber mata air yg ada di kec.ciomas, belum banyak orang yg tahu keberadaan curug sawer ini karena lokasinya yang lumayan jauh dan tersembunyi, mungkin hanya pecinta alam saja yg sudah pernah berkunjung kesini," tutur Penyuluh pertanian dari BPP kec.ciomas, Tatang Sukarta.

Sehingga, para penyuluh di BPP Ciomas ersama masyarakat Desa Ujung Tebu selalu menjaga kelestarian sumber mata air curug sawer ini. 

"Harapan kami kedepan agar adanya kemudahan akses jalan untuk menuju lokasi curug sawer ini serta penataan dan pengelolaan objek wisata yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat ds.ujung tebu khususnya dan masyarakat kec.ciomas umumnya," tuturnya.

Reporter : Arifullah
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018