Selasa, 22 Oktober 2019


P4S Permata Ibu, Tempat Magang Petani di Sumatera Barat

13 Peb 2019, 12:02 WIBEditor : Ahmad Soim

P4S Permata Ibu di Padang Panjang | Sumber Foto:Puslattan

Kegiatan magang atau pelatihan di P4S Permata Ibu dimulai sejak tahun 1988 dan terus berkembang.

 

TABLOIDSINARTANI.COM - Di sebuah kota yang sejuk, dikelilingi Gunung Merapi dan Gunung Singgalang terdapat Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S) Permata Ibu yang dikelola para petani. Letak P4S ini sekitar 2 KM dari Kota Padang Panjang   di Provinsi Sumatera Barat. Di situlah   para petani bisa magang beragribisnis sayuran, pertanian organic dan peternakan sapi perah di lahan milik petani dan dikelola oleh petani maju dan sukses.

 

P4S Permata Ibu lahir dari Kelompok Tani Permata Ibu. Kelompok Tani Permata Ibu awalnya bertani tanaman pangan dan sayuran. Sejak tahun 1981, memulai mengembangkan usaha peternakan sapi perah dan  pengolahan susu, serta pertanian organik. Lahan usaha tani ini sekaligus dijadikan tempat magang petani, pelatihan dan wisata Pendidikan pertanian (wisata edukasi).

Kegiatan magang atau pelatihan di P4S Permata Ibu  dimulai sejak tahun 1988 dan terus berkembang.  Secara resmi P4S yang terletak di  Kelurahan  Ganting, Kecamatan Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang, Provinsi Sumatera Barat didirikan pada tahun 2006. Kunjungan dari Luar negeri juga datang ke P4S ini antara lain   dari : Australia, Belanda, Jerman, Belgia, Jepang, Taiwan Korea Selatan, Brunei Darussalam, Malaysia, Amerika Serikat, Singapura.

 Novi Hendri,SE Msi,  kader petani yang berasal dari Kelompok Tani Permata Ibu dipilih sebagai Ketua P4S Permata Ibu. Ia adalah sosok pekerja keras yang tidak lepas dari pertanian dan peternakan sapi perah. Novi lahir dan besar dari keluarga petani. Lahir pada tanggal 26 November 1976 di Padang Panjang. Pendidikan terakhir adalah Pasca Sarjana ( Magister Sains)  Universitas Andalas.  

 

 

BACA JUGA:

> Dapatkan Sparepart dan Pelayanan Alsintan di Aplikasi UPJA Smart Mobile

> Presiden Joko Widodo Bahas THL Penyuluh Pertanian di Istana Bogor

> Ditjen PSP Kementan Optimalkan Program LP2B di16 Provinsi

 

 

 Di dalam P4s Permata Ibu tergabung 2 kelompok tani yaitu Kelompok Tani Permata Ibu yang diketuai  Deslia sulastri,S.Pt dan Kelompok Tani Asri Organik yang diketuai Ridwanyah, SE. Pada Kelompok Permata Ibu mempunyai anggota 20 orang dengan jumlah sapi perah 120 ekor. Sedangkan Kelompok Tani Asri Organik memiliki 15 anggota dengan luas lahan 5 hektar.

 

No

Jenis Komoditi

Volume

(Ha/Ekor)

Produksi

(perMusim/tahun) & (Ha/Ekor)

1.

Sapi Perah

120 ekor

60 ekor

2.

Pupuk Organik

(Kompos Alami )

20 ton

Per bulan

3.

Padi sawah

10 hektare

60 ton gabah

4,

Sayuran Organik

5 hektare

40 ton (musim)

5,

Perikanan air tawar

0,5 hektar

1ton (musim)

 

Beberapa kegiatan yang rutin dilaksanakan P4S Permata Ibu, pertama,  peternakan sapi perah dan usaha pengolahan susu.  Di dalam usaha sapi perah  terdapat 14 orang peternak dengan 5 unit kandang dengan kapasitas 8 sampai 20 ekor sapi perah/kandang. Total populasi sapi yang dimiliki anggota sebanyak 120 ekor, dari semua populasi jumlah induk yang menghasilkan susu hampir 60% sehingga produksi susu mencapai 800 liter/Hari.

Selain melaksanakan fungsi budidaya sapi perah, kelompok juga memiliki unit pengolahan susu (UPS) yang berfungsi mengolah susu peternak menjadi produk yang siap dipasarkan seperti susu pasteurisasi aneka rasa, yoghurt, stik susu, keju, kefir dan olahan kue berbahan susu lainnya.

 

Kedua, Kawasan wisata edukasi pertanian yang terintegrasi. Kawasan wisata edukasi yang terintegrasi dengan usaha budidaya sapi perah, unit pengolahan susu, perikanan air tawar serta perkebunan sayuran.  Perikanan air tawar merupakan usaha tambahan yang dirintis oleh kelompok Permata Ibu.  kolam ikan  berada dalam lokasi wisata edukasi sapi perah. Terdapat 5 kolam  dengan luas keseluruhan 0,5Ha. Dalam kolam tersebut dipelihara ikan mas dan ikan nila.

Ketiga, pertanian organik. Pertanian organik merupakan usaha beberapa orang anggota Kelompok  Tani  Permata Ibu yang berada di sekitar lokasi wisata edukasi, jenis tanaman yang ditanam adalah padi sawah, bawang, lobak, cabe dan tanaman sayuran lainnya. Jika pengunjung wisata edukasi mengambil paket yang ada memetik sayuran maka kelompok akan mengarahkan ke lokasi tersebut.

 

Keempat, menampung Peserta magang dan pelatihan. Selain melakukan aktifitas teknis, P4S Permata Ibu juga menerima kunjungan pelatihan penyuluhan pertanian, peternakan, Praktek Kerja Lapangan anak sekolah SMK Pertanian & Peternakan,  mahasiswa Fakultas Peternakan & Pertanian Unand dan Perguruan tinggi ilmu kesehatan, Kuliah Kerja Nyata, Magang serta kunjungan masyarakat umum lainnya.

P4S Permata Ibu bisa menampung maksimal 10 orang per sesion untuk magang yang ditempatkan pada rumah pengurus. Bila peserta lebih dari 10 akan ditampung di rumah-rumah penduduk di sekitar lokasi. Sedangkan untuk kunjungan, P4S ini bisa menerima  100 orang pengunjung per satu kunjungan.

Metoda pelatihan yang dijalankan oleh P4S Permata Ibu lebih banyak pada praktek dibandingkan teori,  dimana untuk persentase praktek sekitar 70 ?n teori 30 %. Praktek dibimbing langsung oleh instruktur dan penanggung jawab lapangan. Jenis pelatihan yang diberikan sesuai dengan paket yang tersedia serta juga berdasarkan permintaan dari peserta magang. Materi pelatihan dirancang secara sistematis yang disusun oleh pengelola dan juga saran-saran intruktur serat dinas/instansi terkait. Jadwal pelatihan dan biaya dibuat oleh pengelola dan ditawarkan secara tertulis kepada peserta magang. Untuk pendamping di lapangan langsung didampingi oleh ketua masing-masing Komoditi unggulan.

P4S Permata Ibu juga melakukan kemitraan dan kerjasama dengan pihak lain dalam penyelenggaraan magang pertanian, di antaranya dengan Perguruan Tinggi, perbankan, Balai Besar Diklat Pertanian Kementerian Pertanian dan lain-lain.

Bagi peserta yang beminat ingin mengikuti pelatihan dan magang di P4S “ PERMATA IBU” dapat terlebih dahulu menghubungi alamat : Jl. Syech Ibrahim Musa RT VII  Kelurahan Ganting Kecamatan Padang Panjang Timur Kota Padang Panjang Propinvi Sumatera Barat Kode Pos 27127 telp. (0752) 484084-484086 atau Hp: Novi H. (081266183477), Ridwansyah (081363605530). Untuk BIAYA PELATIHAN = RP.100.000 /Orang/hari. Untuk peserta magang dari pihak sekolah Cuma dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 500.000.

 

Nama:

P4S Permata Ibu

Ketua

Novi Hendri, SE Msi

Berdiri

 

2006

 

Nomor Kontak:

 (0752) 484084-484086 HP (081266183477

Alamat

 Jl. Syech Ibrahim Musa RT VII  Kelurahan Ganting Kecamatan Padang Panjang Timur Kota Padang Panjang Propinvi Sumatera Barat Kode Pos 27127

Katagori

 Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya dari, oleh dan untuk petani

 

 Usaha Tani dan Jasa

-          Peternakan sapi perah dan usaha pengolahan susu

-          Wisata edukasi pertanian yang terintegrasi

-          Pertanian organik

-          Magang dan pelatihan pertanian terpadu

 

Reporter : Lina
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018