Kamis, 27 Juni 2019


Jelang PENAS XVI Tahun 2020 di Sumbar, Kementan Gelar Sosialisasi dan Koordinasi

20 Mei 2019, 15:27 WIBEditor : Gesha

Menteri Pertanian Amran Sulaiman membuka sosialisasi dan koordinasi PENAS XVI di Kantor Kementerian Pertanian | Sumber Foto:BIMA

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Pekan Nasional (PENAS) yang mempertemukan Petani dan Nelayan Andalan di Indonesia akan digelar di Sumatera Barat. Kementerian Pertanian (Kementan) pun menggelar Sosialisasi dan Koordinasi dengan KTNA serta jajaran panitia pusat dan daerah.

Pekan Nasional (PENAS) Petani Nelayan Indonesia merupakan ajang berkumpul dan bersilahturahmi bagi para kontak tani, nelayan dan petani hutan untuk saling memperlihatkan pencapaiannya selaku pelaku utama dalam pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan.

Kegiatan PENAS digagas oleh para tokoh tani, nelayan sejak 1971 dan menjadi wadah pertemuan kontak tani, nelayan dan petani hutan untuk saling mengisi dan memperkuat kepemimpinan agribisnis di tingkat petani, nelayan dan petani hutan.

Termasuk melakukan konsolidasi, pengembangan diri, tukar menukar informasi, apresiasi, kemitraan dan promosi hasil pertanian, perikanan dan kehutanan yang diselenggarakan secara teratur dan berkelanjutan.   

Sesuai dengan hasil Rembug Utama Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Nasional pada PENAS XV Petani Nelayan Tahun 2017 di Aceh, disepakati bahwa PENAS Petani Nelayan XVI Tahun 2020 akan diselenggarakan di Sumatera Barat, tepatnya di Kelurahan Aie Pacah Kecamatan Koto Tengah, Kota Padang dengan jumlah peserta sebanyak 50.000 orang.

Adapun tema dan Logo PENAS Petani Nelayan XVI Tahun 2020 merupakan hasil musyawarah dan kesepakatan dalam Rembug Utama Pengurus KTNA Nasional yang telah dilaksanakan di Kota Padang, Sumatera Barat pada tanggal 20 s.d 22 Maret 2018.

Kemudian dimantapkan kembali pada Rapat Koordinasi (Rakor) antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Kelompok KTNA Nasional tanggal 24 Agustus 2018 di Jakarta. 

Untuk menindaklanjuti hasil Rakor tersebut, maka pada tanggal 20 Mei 2019 akan diadakan “Sosialisasi Kegiatan PENAS Petani Nelayan XVI Tahun 2020” di Auditorium Gedung F Kementerian Pertanian.

Sosialisasi tersebut akan dihadiri oleh + 500 orang peserta yang terdiri dari Panitia Pusat, Panitia Daerah dan Kelompok KTNA.

PENAS XVI Petani Nelayan Tahun 2020 bertema: “Memantapkan Penguatan Potensi dan Posisi Tawar Komoditi Lokal untuk Mewujudkan Kemandirian Pangan Berkelanjutan Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045”.

Dalam Sosialisasi tersebut peserta akan mengikuti beberapa kegiatan, diantaranya:
1. Arahan Menteri Pertanian;
2. Ringkasan Kegiatan PENAS Petani Nelayan XVI Tahun 2020;
3. Kesiapan Pemda Sumatera Barat oleh Gubernur Sumatera Barat;
4. Diskusi dan Tanya jawab; dan
5. Rapat Bidang-bidang Kegiatan PENAS Petani Nelayan XVI Tahun 2020.

Diharapkan setelah diadakan kegiatan Sosialisasi PENAS XVI Petani Nelayan Tahun 2020, semua pihak terkait dapat menindaklanjutinya dan membantu baik secara moral maupun material agar PENAS XVI Petani Nelayan Tahun 2020 sukses dan berjalan sesuai dengan rencana.

Reporter : Nur Fajar
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018