Sabtu, 01 Oktober 2022


Stik Keju Inces Tawarkan Varian Vanilla Hingga Pedas

02 Jun 2022, 16:13 WIBEditor : Herman

Indah Produsen Stik Keju Asal batu malang | Sumber Foto:Soleman

TABLOIDSINARTANI.COM, Batu Malang – Belum adanya pembuat camilan stik keju dengan berbagai varian di Kota Batu membuat Indah memutuskan untuk menjalankan usaha tersebut. Dengan varian vanilla, coklat dan lain sebagainya yang membuat banyak orang penasaran dan pesanan terus berdatangan.  

Stik keju atau Cheese Stick bukan hal baru bagi penyuka camilan di kota-kota besar. Memang produk stik keju hampir sama dengan produk kue bawang yang banyak dijajakan di berbagai tempat. Namun dengan bahan dasar keju, membuat citarasa produk ini berbeda dan lebih menggugah selera.  

Produk yang dibuat Indah sejak 1 tahun lalu ini memang berbeda. Selain keju yang lebih terasa, perpaduan varian vanila maupun cokelat membuat stik keju Inces buatanya banyak diminati.  

“Karena di Kota Batu belum ada yang memproduksi jenis yang vanila dan rasanya manis maka tertarik, kalau stik bawang sudah ada, saya menciptakan sendiri dengan varian rasa keju coklat,” ungkapnya,

Bahan utama yang digunakan adalah tepung terigu, mentega, telur, keju, baking powder, minyak goreng, kaldu jamur. Sedangkan untuk bahan varian tergantung varian apa yang ingin dibuat.

‘Kalau yang coklat ditambah coklat dan gula, begitu pula yang vanilla. Untuk yang pedas, biasanya kita beri bubuk pedas yang dibuat sendiri,” ungkapnya.  

Prosesnya dimulai dari tepung terigu dicampur telur, gula, garam, mentega, dan kaldu jamur.  Kemudian diaduk dengan mixer, setelah itu terus dipipihkan menggunakan alat, dipotong pakai mesin pemotong dan selanjutnya digoreng. Setelah matang  ditiriskan menggunakan kertas, jika sudah dingin dikemas.  

“Ddalam satu hari saya mampu memproduksi sekitar 25 kilo dalam 5 varian rasa,”paparnya.  

Di tengah pandemi, Indah pun terus fokus melakukan pemasaran online dengan berusaha memasukkan produk ke marketplace dan menjadi salah satu penyedia jasa makanan online dengan menjadi anggota salah satu aplikasi online,  

”untuk marketingnya saya sendiri melalui online dan menitipkan ke teman yang mempunyai toko, untuk harganya dalam kemasan toples rata-rata Rp 25 ribu, kedepan mau buat stik dari bahan apel dan strawberry,” pungkasnya. 

Reporter : Soleman
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018