Kamis, 18 Juli 2024


Angsle dan Ronde, Minuman Hangat Kaya Manfaat Andalan Soleh

28 Jun 2023, 14:30 WIBEditor : Herman

Moh. Soleh, meracik ronde dengan resep rahasia | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Batu --- Kehangatan jahe memberikan sensasi tersendiri pada minuman legenda yang menjadi idola masyarakat. Tidak heran bila minuman angsle dan ronde dimasukkan dalam buku panduan wisata, dan menjadi kuliner wajib yang harus dicoba saat berwisata di Kota Malang, Jawa Timur.

Adalah Moh. Soleh, salah seorang penjual minuman legendaris angsle dan ronde yang warungnya tidak pernah sepi dari pengunjung. Dengan mengandalkan hangatnya air jahe, minuman angsle dan ronde yang diraciknya selalu ditunggu konsumen setia.

”Kebanyakan pembeli membeli angsle dibandingkan ronde, biasanya pesan angsle, kalau jahe-jahe tidak biasa mungkin, rasa manis biasanya yang di cari,“ujar Soleh.

Soleh menceritakan awal mulanya minuman khas Jawa ini, merupakan minuman yang terbuat dari jahe yang disajikan dalam kondisi hangat. Untuk menambah citarasa, minuman ini diberi tambahan berupa mutiara yang terbuat dari tepung ketan dan taburan kacang.

“Minuman ini juga awalnya lebih sering dijajakan dengan cara dipikul keliling kampung, lalu pada jam tertentu penjual ronde biasanya berhenti di tempat tertentu, pembeli setia biasanya sampai rela menunggu untuk menikmatinya,” ungkapnya.

Dijelaskan Soleh, proses pembuatan angsle dimulai dengan menyiapkan santan kelapa  untuk kemudian dimasak sampai matang serta ditambahkan garam secukupnya agar gurih. Bahan selanjutnya berupa beras ketan yang dikukus sampai matang, kacang hijau yang sudah dimasak, serta muriara dan petulo yang terbuat dari tepung beras.

“Apabila semua bahan sudah siap, maka tinggal menyajikan saja. Biasanya tidak hanya menu angsle saja yang ditawarkan, juga ada ronde,”tuturnya.

Soleh mengaku yang membuat wedhang ronde buatanya istimewa dan berbeda dari wedhang ronde pada umumnya ialah pada pengolahan air jahenya yang menggunakan resep khusus dan rahasia.

“Unuk harganya kisaran Rp 10 ribu sampai Rp 12 ribu,”pungkasnya.

 

Reporter : Soleman
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018