Jumat, 19 April 2024


Budidaya Jahe Merah di Polybag, Sederhana Hasil Melimpah

23 Agu 2020, 19:00 WIBEditor : Gesha

Pertanaman jahe merah | Sumber Foto:Sandiwijaya

TABLOIDSINARTANI. COM,Aceh Barat - - - Budidaya jahe merah hingga saat ini masih menjadi primadona. Untuk yang ingin iseng-iseng menghasilkan bisa intip cara budidaya jahe merah yang sederhana namun hasilnya melimpah berikut ini. 

Usaha budidaya jahe merah merupakan salah satu usaha di bidang agribisnis yang cukup populer dan menguntungkan. Masyarakat di pedesaan cukup banyak membudidayakan jahe merah untuk dijual ke masyarakat kota atau bahkan ke luar negeri karena memang permintaan akan jahe merah cukup tinggi.

Penyuluh pertanian asal BPP Samatiga, Aceh Barat, Nurlatifah membeberkan budidaya jahe merah bisa dilakukan di pekarangan dengan menggunakan polybag atau karung bekas pakan.

"Semakin besar ukuran karung, media pengisi yang kita butuhkan juga semakin banyak, selain itu produktifitas jahe juga akan semakin besar. Namun disarankan untuk menggunakan polybag dengan ukuran minimal 40×50 cm," jelasnya. 

Media yang dibutuhkan untuk mengisi polybag antara lain, tanah, pupuk organik dan pasir dengan perbandingan 2:1:1 atau bisa juga 3:2:1.

Bibit jahe merah berasal dari tanaman jahe yang sudah tua, biasanya hal tersebut ditandai dengan tajuk yang sudah kering, kira-kira berumur 9-10 bulan, atau rimpang jahe sudah melewati masa dormansi (1-1,5 bulan).

"Jahe masih segar dengan tidak ada tanda bibit penyakit serta pembusukan dan Kulit rimpang tidak lecet atau memar karena bekas galian. Bibit yang berkualitas pun tidak disimpan terlalu lama," bebernya. 

Rimpang yang akan dijadikan sebagai bibt, sebaiknya dipotong-potong dengan cutter yang steril atau bisa juga dipotes langsung dengan menyisakan 2-3 bakal mata tunas dengan bobot sekitar 20-40  jahe merah.

Baca juga : 

Manfaat Jahe Merah, Atasi Disfungsi Ereksi sampai Diet!

Hasilkan Jahe Merah Berkualitas, UNS Dampingi Petani

KWT Anyelir Bahalap Raup Berkah Jahe Merah Saat Covid-19

Yuuk Budidaya Jahe Komersial di Pekarangan

"Kebutuhan benih untuk tanaman jahe merah bisa kita sesuaikan menurut jumlah perkecambahan, rata-rata satu polybag atau karung membutuhkan 2-5 bibt kecambah. Tergantung ukuran media tanam yang kita gunakan. Untuk mencegah rimpang calon bibit terserang jamur, perlu kita lakukan perendaman kedalam air yang sudah dicampurkan larutan anti jamur seperti dithane 45,"jelasnya.

Untuk penyemaian, Anda bisa menggunakan peti kayu. Pada bagian dasar peti letakkan bakal bibit selapis. Kemudian beri sekam padi atau abu gosok, kemudian bibit jahe tersebut beri abu gosok lagi. Terus begitu sampai yang paling atas adalah sekam padi atau abu gosok.

Benih tersebut akan mulai bertumbuh dalam kurun waktu 2-4 minggu. Jika sudah tumbuh dengan ketinggian sekitar 10 cm (3-5 daun). Rimpang yang tersisa bisa ditanam kembali di tempat penyemaian agar tumbuh bibit yang lain.

Pemeliharaan dan Panen

Penanaman bibit jahe dalam polybag atau karung haruslah sangat hati-hati. Buatlah lubang pada polybag, kira-kira sebesar ukuran bibit, kemudian masukkan medianya (tanah, pasir dan pupuk organic) beserta bibitnya ke dalam polybag.

Setelah itu tutup tutup dengan media disekitarnya dan padatkan ala kadarnya saja. Setelah proses penanaman selesai, media dan bibit harus sering dengan air secukupnya agar kebutuhannya untuk bertumbuh tercukupi dengan baik.

Pemeliharaan tanaman jahe dalam polybag atau karung sangatlah mudah, pemeliharaan tersebut biasanya meliputi: penyiangan, penyiraman penggemburan media, pemupukan serta pengendalian hama dan penyakit.

Umur panen jahe merah kurang lebih sekitar 10 bulan. Tanaman yang sudah tua dan siap panen adalah tanaman yang sudah melewati masa mengering, di mana daun dan batangnya berubah menjadi kuning dan sudah mengering.

Proses panen jahe yang kita tanam di polybag sangatlah mudah, karena kita tidak perlu susah payah untuk menggali. Kita hanya perlu menggunakan cetok atau merobek kantung polybag yang sudah mulai lapuk.

Angkat rimpang jahe dengan hati-hati supaya tidak rusak, kemudian bersihkan dari tanah dan kotoran yang menempel (jika perlu cuci dengan air bersih). Satu rumpun tanaman jahe yang ada dalam satu media tanam karung ukuran 50 kg bisa menghasilkan rimpang jahe sekitar 2-5 kg.

Reporter : Kontributor
Sumber : Cybex
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018