Friday, 18 June 2021


Tanaman Hias Mahkota Duri, Indah dan Mudah Diperbanyak

17 May 2021, 10:59 WIBEditor : Ahmad Soim

Mahkota Duri (Euphorbia) | Sumber Foto:Ahmad Soim

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta – Tanaman Hias ini biasa disebut juga Mahkota Duri. Memang banyak durinya di balik keindahannya. Cocok kalau disebut Mahkota Duri atau tepatnya mahkota yang berduri. Walau ia enak dipandang, namun hati hati memegangnya. Awas kena durinya yang tajam.

Tanaman hias ini juga memiliki getah susu yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Bahasa latinnya adalah Euphorbia milli.  Euphorbia merupakan tanaman hias yang selalu berbunga tanpa mengenal musim. Bunga Euphorbia sangat indah ada beragam species.  Ada yang berwarna merah, hijau, kuning, ungu, dan merah kekuningan.

Dengan daya tahan yang kuat dan dapat berbunga kapan saja, maka bunga Euphorbia banyak dijual di pasaran dan menjadi penghias di taman – taman rumah.

BACA JUGA:

Tanaman bunga Euphorbia dapat diperbanyak dengan cara generatif (dari biji) dan vegetatif (stek, cangkok, sambung pucuk atau grafting). Selain itu tanaman bunga Euphorbia sangat mudah untuk disilangkan, sehingga dapat menghasilkan species baru

 Perawatan tanaman bunga Euphorbia tidaklah sulit. Tanaman bunga ini tidak memerlukan banyak air. Penyiraman bunga Euphorbia hanya dilakukan 2 hari sekali atau saat tanah terlihat kering. Kalau terlalu banyak air, maka batang akan mengalami kebusukan.

Pupuk NPK dengan dosis 1 gram/liter bisa diberikan untuk setiap tanaman ini.  Gunukan pupuk daun untuk merangsang pertumbuhan cabang.

  === 

Sahabat Setia SINAR TANI bisa berlangganan Tabloid SINAR TANI dengan KLIK:  LANGGANAN TABLOID SINAR TANIAtau versi elektronik (e-paper Tabloid Sinar Tani) dengan klikmyedisi.com/sinartani/ 

Reporter : Som
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018