Friday, 16 April 2021


Pemuda Pancasila Parepare Ikut Rehabilitasi DAS Salo Karajae

24 Mar 2021, 07:00 WIBEditor : Ahmad Soim

Pemuda Parepare menghijaukan DAS | Sumber Foto:Suriady

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Parepare -- Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pemuda Pancasila bersama Dinas Lingkungan Hidup Kota Parepare melakukan kegiatan rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Salo Karajae. Kali ini BLH-PP melakukan rehabilitasi dengan melakukan Penanaman Pohon Bantaran sungai yang berada di Lemoe, kegiatan ini sudah berlangsung selama setahun.

"Sebagai momentum peringatan Hari air sedunia ini perlu kita menyadari tentang pentingnya sumber air terutama daerah aliran Sungai sebagai sumber kehidupan dan sungai Salo Karajae sebagai eduwisata kota Parepare," ungkap Ketua BLH-PP Amri Kalbu.

Amri Kalbu juga menyampaikan "Kami memilih lokasi di Lemoe ini karena merupakan hasil pembukaan lahan yang pernah dilakukan oleh masyarakat di sana, sehingga kami mengajak masyarakat tersebut untuk berperan dalam melakukan rehabilitasi dengan melakukan penanaman pohon sekitar 200 bibit. Sebagai bentuk upaya penyelamatan bantaran sungai.

BACA JUGA:

Perlindungan sumber air harus berkelanjutan terutama dalam menjaga daerah resapan air agar keberlangsungan kebutuhan akan air mampu menyelamatkan generasi selanjutnya. Selain itu Kami juga mendorong pengupayaan, pencegahan pencemaran kerusakan terhadap kualitas air permukaan (Salo Karajae)," ungkap Jenemar Asian selaku Kabid Penataan & Peningkatan Kapasitas Lingkungan DLH kota Parepare.

Pada saat kegiatan tersebut masyarakat Lemoe keluarga pemilik lahan atas nama pak Ririn juga ikut serta bersama warga lainnya menyampaikan," dengan adanya program ini Kami ikut mengerti tentang perjalanan bantara sungai, sehingga kami merasa memiliki tanggung jawab lebih untuk menjaga daerah aliran sungai apa lagi dekat dengan lahan kebun Kami," tutup pak Ririn

 ----+

Sahabat Setia SINAR TANI bisa berlangganan Tabloid SINAR TANI dengan KLIK:  LANGGANAN TABLOID SINAR TANIAtau versi elektronik (e-paper Tabloid Sinar Tani) dengan klikmyedisi.com/sinartani/

Reporter : Suriady
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018