Senin, 17 Juni 2024


Panen Cempe, Senyum Peternak di Lokasi UPLAND Banjarnegara

06 Okt 2023, 13:35 WIBEditor : Yulianto

Panen Cempe di lokasi UPLAND Banjarnegara | Sumber Foto:UPLAND

TABLOIDSINARTANI.COM, Banjarnegara---Senyum mengembang di wajah para peternak kambing di lokasi Program Development of Integrated Farming System in Upland Areas (UPLAND) Project di Kabupaten Banjarnegara. Keberhasilan beternak kambing diungkapkan masyarakat Banjarnegara yang tumpah ruah memeriahkan kegiatan panen cempe (anak kambing) hasil dari UPLAND project dan Pesta Patok.

Kegiatan dilakukan sebagai bentuk syukur atas hasil baik pengembangan ternak fasilitasi proyek yang mendapat dana hibah dari IFAD dan IsDB Terdapat 33 kelompok tani dan 36 kelompok wanita tani dari 23 desa yang tesebar di empat kecamatan Pejawaran, Kalibening, Pagentan dan Batur tumpah ruah di Lapangan Desa Karangsari, Pejawaran.

Masyarakat memeriahkan paduan empat kegiatan panen 310 ekor cempe hasil dari 520 ternak bantuan UPLAND, gerakan minum susu untuk 400 siswa SD dan SMP, lelang 134 ekor cempe atau anakan kambing, dan Expo ternak unggulan Domba Batur.

Sekretaris Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Banjarnegara, Herrina Indri Hastuti, yang juga Ketua Project Implementation Unit UPLAND Project Banjarnegara mengatakan, panen cempe dan pesta patok bertujuan meningkatkan populasi dan produktivitas komoditas ternak.

Hasil ternak unggul ini diharapkan dapat menghasilkan daging dan susu untuk membantu asupan gizi dan mencegah stunting. Kegiatan ini juga untuk memberikan motivasi kepada peternak dan masyarakat untuk melakukan budi daya ternak dengan baik.

“Harapannya akan membawa kesejahteraan masyarakat. Sejuta cempe mewujudkan kesejahteraan. Pada saatnya kita sadar bahwa jumlah ternak akan lebih banyak dari jumlah penduduk,” kata Herrina, Rabu (27/9).

Sementara itu PJ Bupati Banjarnegara, Tri Harso Widirahmanto mengatakan, panen cempe ini menunjukkan bahwa Banjarnegara merupakan lumbung ternak di Jawa Tengah. Cempe menjadi harapan masa depan peternak dan masyarakat untuk meningkatkan pendapatan dalam menekan angka kemiskinan di Kabupaten Banjarnegara.

Menurut PJ Bupati, lebih dari 70 persen  petani di Banjarnegara memelihara ternak, baik ternak kecil maupun besar sehingga sangatlah tepat bahwa sektor peternakan dapat menjadi andalan untuk mengurai masalah kemiskinan di Banjarnegara.

“Dalam hal ini penyediaan pangan sektor peternakan menjadi bagian penting bagi upaya menurunkan angka stunting di Banjarnegara. Sektor peternakan sangat penting untuk peningkatan kualitas SDM menuju Indonesia emas 2045,” kata Tri Harso seperti dikutip dari situs Pemkab Banjarnegara.

UPLAND Project di Banjarnegara mengintegrasikan ternak dan tanaman kopi. Baca halaman selanjutnya. 

 

Reporter : Julian
Sumber : UPLAND
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018