Saturday, 23 October 2021


Ber-AKHLAK Fondasi Budaya Kerja ASN

14 Oct 2021, 08:29 WIBEditor : Yulianto

Mohammad Averrouce, Plt. Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik, Sekretariat Kementerian PANB (Kementerian PANRB) | Sumber Foto:Echa

TABLOIDSINARTANI.COM, Bandung---Presiden Joko Widodo telah mendeklarasikan ASN ber-AKHLAK. (Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif). Ber-AKHLAK bukan sekadar slogan, tapi menjadi akar yang tertanam kuat dalam budaya kerja aparatur sipil negara (ASN).

Hal inilah yang diharapkan dengan adanya satu core values (nilai-nilai dasar,red) ASN yang selaras bagi seluruh instansi pemerintah, yaitu BerAKHLAK,” kata Mohammad Averrouce, Plt. Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik, Sekretariat Kementerian PANB (Kementerian PANRB)

Menurutnya, BerAKHLAK menjadi fondasi kokoh dalam penguatan budaya kerja ASN yang profesional dan solid. Semua instansi pemerintah diharapkan bisa bertumbuh di atas fondasi tersebut untuk mencapai tujuan bersama yang mengerucut pada Visi Misi Indonesia Maju yang pemerintah canangkan.

“Budaya kerja yang solid, buah terakhirnya adalah kinerja. Kinerja itulah menjadi indikator keberhasilan pembangunan visi misi Indonesia maju yang dicanangkan Presiden. Mudah-mudahan dengan satu core values ini menjadi akar yang dalam untuk bisa kita tanam,” kata Avverouz secara virtual, Rabu (13/10) saat Pembinaan Tekad Antikorupsi Kementerian Pertanian 2021

BerAKHLAK menurutnya, telah menyarikan dan menyederhanakan nilai-nilai dasar ASN yang ada dalam UU No. 5/2014 tentang ASN. Nilai-nilai tersebut dikerucutkan menjadi tujuh nilai yang berlaku bagi ASN secara umum, yaitu Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Avve begitu sapaannya menerangkan, dengan ditetapkan satu core values, budaya kerja akan kokoh dan mengakar kuat, karena tidak akan mudah diganti setiap waktu oleh pemimpin instansi. Fenomena yang sering terjadi adalah kerapkali jika terjadi pergantian pemimpin instansi, maka core values akan berubah. Sehingga core values-nya belum sempat mengakar kuat menjadi budaya kerja, karena kemudian dicabut dan diganti oleh pemimpin baru.

“Padahal membangun budaya kerja tidak bisa dibangun dalam waktu singkat. Perlu upaya yang terus menerus,” katanyaDengan adanya satu core values juga akan memudahkan proses adaptasi bagi ASN ketika melakukan mobilitas antar-instansi pemerintah. ASN tidak perlu menyesuaikan diri lagi dengan core values baru di instansi yang dituju karena sudah ada panduan perilaku yang berlaku secara umum untuk ASN dimana pun bertugas.

 

Reporter : Echa
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018