Rabu, 22 Mei 2019


Ciat !! Ini Jurus Kunci Pertanian Menuju Lumbung Pangan Dunia 2045

12 Mar 2019, 17:56 WIBEditor : Gesha

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian, Momon Rusmono menekankan pentingnya modernisasi dan SDM Millenial | Sumber Foto:TIARA

Mulai dari modernisasi pertanian khususnya alsintan hingga menciptakan SDM Millenial

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Bekasi --- Tahu kan kalau Kementerian Pertanian (Kementan) punya program Pembangunan Pertanian Indonesia Menuju Lumbung Pangan Dunia 2045? Lalu bagaimana caranya?

"Untuk mewujudkan lumbung pangan Dunia tahun 2045 ada beberapa pendekatan yang harus kita lakukan salah satunya yaitu dengan pendekatan modernisasi pertanian," tutur Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Momon Rusmono usai acara Temu Teknis Penyuluh, Petani dan Santri Milenial Kabupaten Bekasi, Selasa (12/3).

Momon menjelaskan dengan mengoptimalkan pemanfaatan alat dan mesin pertanian (alsintan) sehingga akan lebih efisien, lebih murah dengan kualitas produk yang lebih baik. 

Kemudian yang kedua kuncinya adalah membangun Sumber Daya Manusia (SDM) pertanian yang paham terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) juga komunikasi. “Kita harus menyiapkan petani milenial,” ucapnya. 

Petani milenial yang dirinya maksud yakni petani yang tidak hanya menguasai bidang pertanian tetapi petani yang juga mengikuti perkembangan lingkungan strategis terutama perkembangan Iptek.

Karena di masa yang akan datang, penanganan produk-produk pertanian mulai dari on farm hingga off farm lebih banyak dengan penggunaan alsintan dan juga pemanfaatan teknologi informasi.

“Apalagi kita dihadapi dengan revolusi industri 4.0 sehingga SDM kedepan pun harus memahami hal itu. Untuk menyikapi hal tersebut, Kementerian Pertanian akan menyiapkan perguruan tinggi yang namanya Politeknik engenering pertanian Indonesia yang berorientasi pada mensikapi revolusi industri 4.0,” terangnya.

Dengan begitu, diharapkan kedepannya petani milenial mampu menciptakan traktor dan alsintan lainnya yang mampu beroperasi tanpa operator, termasuk drone.

Pada acara ini, Kementan memberikan sejumlah bantuan alsintan, benih tanaman, bibit ternak dan dana tunai pada para kelompok tani dan kelompok tani santri milenial di Kabupaten Bekasi.

Reporter : Tiara
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018