Jumat, 13 Desember 2019


Lagi, Pemerintah Bantu Petani Miliaran Rupiah

21 Mar 2019, 20:59 WIBEditor : Gesha

Bibit kopi dan aneka komoditas lainnya diberikan langsung kepada petani | Sumber Foto:TIARA

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Bandung Barat --- Demi kemajuan dan kesejahteraan petani, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertanian (Kementan) kembali memberikan bantuan untuk masyarakat tani juga santri tani. Tak tanggung-tanggung Rp 18 Milyar digulirkan.

Bantuan diberikan dalam bentuk bantuan langsung dan pengembangan kawasan. Bantuan pengembangan kawasan berupa benih jagung manis, kangkung, cabai, durian, jambu kristal, rambutan.

Selain itu juga diberikan bibit kopi 200 ribu batang, teh, cengkeh, padi inbrida, domba, ayam 200 ribu ekor, pakan dan kandang, serta bantuan berupa alat mesin pertanian meliputi power thresher dan traktor roda dua sebanyak 1.000 unit.

Bantuan diberikan pada acara Sinkronisasi Program Pertanian dan Menyongsong Hari Krida Pertanian ke-47 Bandung Barat, Kamis (21/3).

Menteri Pertanian (Mentan) yang hadir pada acara tersebut memaparkan selama 4 tahun terakhir Provinsi Jawa Barat telah menerima bantuan sebesar Rp 30 triliun, sedangkan Kabupaten Bandung Barat sendiri telah menerima lebih dari Rp 1,3 Triliun.

Sementara itu, Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna mengatakan kunjungan kerjan Mentan Amran merupakan sebuah kebanggaan bagi petani Bandung Barat.

Dengan bangga ia menyatakan kabupaten yang ia pimpin ini sangat potensial untuk pengembangan komoditas hortikultura.

"Bahkan kami punya banyak petani sukses. Mereka tidak hanya bertani, tapi juga langsung ekspor sendiri. Bahkan ada petani kami yang mendapat penghargaan internasional dari FAO," ujar Umbara.

Pada acara yang dihadiri lebih dari 8 ribu petani, santri milenial, penyuluh, perangkat desa, dan pejabat juga masyrakat tani ini sekaligus merupakan peresmian ekspor paprika asal Kabupaten Bandung Barat ke Singapura sebanyak 84 ton.

Reporter : Tiara
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018