Jumat, 22 Februari 2019


Hj. Tarminah : Ayo Penyuluh Berinovasi dan Kreatif !

06 Peb 2019, 22:03 WIBEditor : Gesha

Hj.Tarminah mengajak agar penyuluh terus inovatif dan kreatif | Sumber Foto:LELY

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Indramayu --- Banyak sosok penyuluh teladan yang ada di sekitar kita yang tidak pantang menyerah mendampingi petani. Salah satunya adalah Hj.Tarminah yang bahkan tidak mengenal hari libur untuk terus mendampingi petani.

Seorang penyuluh pertanian memiliki tugas dan peranan yang sangat strategis disektor pertanian, serta menjadi ujung tombak dalam mewujudkan swasembada pangan nasional.

Tugas itulah yang sangat dipahami betul oleh Hj.Tarminah, seorang penyuluh, inovator sekaligus penggerak pertanian di Kecamatan Bangodua Kabupaten Indramayu.

Apalagi, Kabupaten Indramayu merupakan daerah penyangga lumbung padi nasional sehingga membutuhkan peranan dari pada penyuluh pertanian di setiap Kecamatan dalam membina para petani di tiap Desa.

Tak hanya itu, waktu kerja penyuluh 24 jam dalam sehari bahkan tidak mengenal waktu libur. Semata-mata untuk terus melakukan penyuluhan kepada petani binaannya. 

Penyuluh juga diminta terus berinovasi dalam mengembangkan sektor pertanian di wilayah kerjanya.

Mulai dari optimalisasi alat mesin pertanian  (Alsintan), luas tambah tanam, Dem area penerapan tanam jajar legowo, pengembangan usaha pangan masyarakat melalui program beras sehat bagi masyarakat dengan harga terjangkau, pembentukan lembaga diatribusi pangan masyarakat, serta pengembangan budidaya ternak ayam buras dan sentul bagi kelompok tani.

"Berinovasi adalah hal yang harus dimiliki seorang penyuluh pertanian, dan menjadi tuntutan kerja, dalam mewujudkan swasembada pangan nasional, penyuluh harus memiliki ide-ide bagaimana cara meningkatkan daya produktifitas tanaman padi agar hasil penen mengalami peningkatan," tutur Hj.Tarminah.

Termasuk, mengatasi permasalahan yang dihadapi para petani ketika menghadapi serangan hama dan penyakit tanaman padi yang beresiko penurunan hasil panen.

Tidak hanya berfokus pada bagaimana cara meningkatkan produktivitas hasil tanaman padi, kesejahteraan petanipun menjadi perhatian tersendiri bagi para penyuluh pertanian. 

"Harus ada keselarasan antara suksesnya program nasional dengan kesejahteraan petani, untuk itu dibutuhkan ide yang dapat mewujudkan itu semua, ketika hasil panen berlimpah secara langsung dapat meningkatkan penghasilan petani," tutur Hj. Tarminah.

Sehingga inovasi menjadi tuntutan bagi kalangan penyuluh pertanian, harus selalu kreatif dalam melakukan tugasnya memberikan penyuluhan dan pembinaan kepada para petani.

Reporter : Lely
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018