Kamis, 23 Mei 2019


Tarminah Tak Lelah Dampingi Petani Gunakan Mesin Pemanen Padi

19 Apr 2019, 21:57 WIBEditor : Ahmad Soim

Sujana, Combiner Harvester dan PPL Indramayu | Sumber Foto:Joko S

TABLOIDSINARTANI.COM, Indramayu - Hj. Tarminah Penyuluh Pertanian Indramayu tak lelah untuk memotivasi dan mendampingi para petani menggunakan combine harvester (mesin pemanen padi).

Sujana, petani milenial   anggota kelompoktani Walikukun merasa nyaman dengan alat mesin pertanian berupa combine harvester. Sujana bahkan bertekad untuk terus dan tetap melakukan mekanisasi pertanian untuk dapat meningkatkan kesejahteraan dirinya, petani lainnya dan keluarganya.

Adalah Hj. Tarminah, Penyuluh Pertanian, Bongodua-Indramayu, yang tak pernah lelah mendampingi dan mengawal program pembangunan pertanian termasuk penggunaan mesin pertanian, melalui penyuluhan. Pemanfaatan alat dan mesin pertanian yang optimal akan lebih baik untuk mengurangi tenaga kerja manusia, sehingga usaha tani tetap berjalan baik.

Lokasi sawah Sujana sekitar 1,5 km, memiliki akses jalan usaha tani yang cukup memadai. Kondisi itu memudahkan Sujana   untuk mobilisasi dalam pemanfaatan combine baik milik petani, bantuan pemerintah atau dengan pinjam sewa dari kelompoktani lain.

Banyak keuntungan dengan pemanfaatan alat mesin pertanian utamanya combine, antara lain kata Sujana: Produktifitas meningkat, menekan kehilangan hasil panen; kualitas hasil panen lebih baik dari pakai grabag, gabah yang dihasilkan terpisah antara gabah bernas dan gabah gabug (gabah isi separo), biaya panen lebih kecil, limbah jerami bisa dimanfaatkan untuk pupuk organik karena tidak tertumpuk, tidak di bakar, tidak diperlukan biaya untuk meratakan jerami.

Reporter : Joko Samiyono
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018