Senin, 22 April 2019


Sukses Bertanam Cabai dan Tomat, Erwin Juga Penangkar Kedelai dari Bima

28 Jan 2019, 11:26 WIBEditor : Ahmad Soim

Erwin juga penangkar benih kedelai | Sumber Foto:Yulia TS

Pergumulannya dengan budidaya tomat dan cabai tidaklah sia-sia. Erwin yang juga senang mengajak sebayanya terjun Bertani akhirnya bisa budidaya tomat dan cabe di luar musim. “Harga jualnya lebih mahal dan untungnya cukup besar,” jelasnya.

TABLOIDSINARTANI.COM - Erwin (33) petani dari Desa Nggembe, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima NTB, menggunakan botol bekas untuk menanam cabe dan tomat muda umur 1-14 hari tanam. Teknologi ini bisa  menekan angka kematian lebih dari 90% dibanding teknologi yang biasa diterapkan petani.

 

Pergumulannya dengan budidaya tomat dan cabe tidaklah sia-sia. Erwin yang juga senang mengajak sebayanya terjun Bertani akhirnya bisa budidaya tomat dan cabe di luar musim. “Harga jualnya lebih mahal dan  untungnya cukup besar,” jelasnya.

 

Keuletannya dalam berusahatani pun mengantarkan Erwin menjadi petani penangkar benih. Benih produksinya  dapat memenuhi kebutuhan petani di wilayah Nusa Tenggara Barat, juga memenhi permintaan benih kedelai hingga daerah Nusa Tenggara Timur, seperti  Manggarai Barat, Sikka, dan Sumba Tengah.

 

Kerjasama kemitraan dia lakukan untuk pengembangan usahataninya, di antaranya dengan   Balitkabi, BPTP, BPSB dan BPP maupun non pemerintah PT. Bisi International, UD Jaya Makmur, BRI dan penyediaan saprodi serta dalam  pemasaran hasil pertanian.

 

BACA JUGA:

> Festival Buah Langka Diserbu Pengunjung

> Buah Surga Antarkan Warta Menginjak Tanah Suci

> Bermitra dengan Perusahaan, Petani Teh Terima KUR Rp 100 Juta

 

 

Pendapatan Erwin kalau dirata-rata, keuntungan dalam 1 tahun dari usahataninya mencapai sekitar Rp. 356.000.000,-sehingga tidak heran kalau asset yang dimilikinyapun cukup lumayan yaitu ruko yang dipakai untuk menjual obat-obatan dan sarana produksi lainnya, mobil 2 unit, tempat usaha yang cukup luas yang ada gudangnya serta beberapa alsintan dan sebagainya.   

 

 

 

Reporter : Yulia TS
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018