Jumat, 21 Juni 2019


Tiga Cara Petani untuk Akses Pembiayaan Usaha Mikro tanpa Agunan

21 Mar 2019, 18:16 WIBEditor : Ahmad Soim

Rapat Koordinasi dengan Instansi Terkait dalam rangka Pelaksanaan FPPS di Mataram NTB (20-21/3) | Sumber Foto:Ahmad Soim

Secara individu para petani yang mau mengakses pembiayaan usaha mikro bisa menjadi anggota PT PNM.

 

 

TABLOIDSINARTANI.COM – Ada tiga cara bagi petani yang ingin mendapatkan pembiayaan usaha mikro (UMI) tanpa agunan dari Badan Layanan Umum Pengembangan Investasi Pemerintah (BLU PIP) di bawah Kementerian Keuangan.

 

Direktur Sistem Manajemen Investasi Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan Joko Hendrato menjelaskan ketiga cara itu, pertama, secara individu para petani yang mau mengakses pembiayaan usaha mikro  bisa menjadi anggota PT PNM. “Syaratnya mereka harus punya usaha produktif, petani yang menanam padi, jagung dan kedelai adalah termasuk punya usaha produktif,” tambah Joko Hendrato pada Rapat Koordinasi dengan Instansi Terkait dalam rangka Pelaksanaan FPPS di Mataram NTB (21/3).

 

BACA JUGA:

> Tanpa Agunan, Kemenkeu Fasilitasi Pembiayaan Usaha Mikro Pertanian

> Permudah Akses Pembiayaan Pertanian, Kementan Gerakkan FPPS

> Kementan Dorong LKMA Sebagai Penjamin Harga Jual Produk Pertanian

 

Kedua, petani yang sudah berkelompok seperti bergabung dalam Kelompok Tani (Poktan) dapat mengkases pembiayaan usaha mikro ini melalui PT Pegadaian.

 

Ketiga, petani yang sudah berkelompok dalam bentuk Koperasi Pertanian (Koptan) atau memiliki Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis (LKMA) bisa mengakses pembiayaan usaha mikro tanpa agunan melalui PT Bahana Artha Ventura.

Reporter : Som
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018