Tuesday, 14 July 2020


Kementan Profesional Mengawal Akuntabilitas Internal

19 Feb 2019, 17:57 WIBEditor : Gesha

Inspektur Jenderal, Justan SIahaan, saat penyerahan hasil hasil validasi atas Maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP Kementerian Pertanian Tahun 2018 oleh Deputi Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Perekonomian dan Kemaritiman Badan Pengawasan Keu | Sumber Foto:HUMAS ITJENTAN



TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Sesuai target, pada 2018 Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Kementerian Pertanian (Kementan) telah mencapai Level – 3 (Integrated). Hal ini menunjukan bahwa manajemen Aparat Pengawasan Instansi Pemerintah di Kementan telah berjalan secara professional dalam mengawal akuntabilitas internalnya.

“Kapabilitas APIP dan Maturitas SPIP  itu adalah tonggak capaian,” ujar Inspektur Jenderal, Justan SIahaan,  saat penyerahan hasil hasil validasi atas Maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP Kementerian Pertanian Tahun 2018 oleh Deputi Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Perekonomian dan Kemaritiman Badan Pengawasan Keungan dan Pembangunan (BPKP), Nurdin,  Senin (18/2).

Menurut Justan, Kapabilitas APIP harus terus ditingkatkan untuk mendorong penerapan spip, sehingga akuntabilitas program kementan akan dapat meningkat.

Sesuai arahan presiden agar proses pembangunan harus cepat namun tetap terjaga akuntabilitasnya. Inspektorat Jenderal bersama dengan BPKP terus mengawal akuntabilitas kinerja di Kementan.

Kementan telah melakukan penilaian secara mandiri (self assessment) kapabilitas APIP dengan menggunakan Internal Audit Capability Model (IACM), dan juga pengukuran maturitas SPIP yang kemudian divalidasi oleh BPKP.

Validasi dimaksudkan untuk memperoleh keyakinan bahwa peningkatan dan penilaian mandiri tersebut telah dilakukan sesuai prosedur yang berlaku sehingga hasil yang diperoleh menggambarkan kapabilitas yang sebenarnya dapat dimanfaatkan sebagai umpan balik dalam rangka merumuskan program peningkatan kapabilitas Itjen Kementan di masa yang akan datang.

Reporter : Anggie Nur Fitrianti/Tiara
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018