Friday, 26 February 2021


Poktan Berkah Tani Mulai Rambah Usaha Kompos Superbokashi

05 May 2020, 13:58 WIBEditor : Indarto

Pupuk kompos | Sumber Foto:Dok. Istimewa

Pupuk kompos tersebut dijual ke agen dengan harga Rp 1.750/kg. Sedangkan yang dijual ke petani dipatok dengan harga Rp 2.000/kg.

 


TABLOIDSINARTANI.COM, Bangka Belitung--- Selain melakukan budidaya lada, Poktan Berkah Tani juga mengembangkan pabrik kompos superbokashi. Pabrik kompos yang berada di lahan seluas 1/4 ha ini nantinya  akan dimanfaatkan anggota kelompok sebagai pupuk budidaya lada. Sebagian akan dijual ke pembudidaya lada di Babel.

Menurut Ketua Poktan Berkah Tani Alfeddy Hernandy, karena baru dalam uji coba, produksi pupuk kompos bokashi belum banyak. " Karena kapasitasnya mesinnnya kecil, produksinya tak bisa banyak. Nantinya akan kami modifikasi (dengan mesin mixer kompos)," kata Alfeddy, di Babel, Selasa (5/5).

Alfeddy mengaku, pupuk kompos besutan Poktan Berkah Tani banyak diminati petani lada Babel. Pupuk kompos tersebut dijual ke agen dengan harga Rp 1.750/kg. Sedangkan yang dijual ke petani dipatok dengan harga Rp 2.000/kg.

" Penjualannya masih lokal. Tapi, kami saat ini masih terkendala dengan mesin yang kapasitasnya kecil. Pandemi corona juga menjadi kendala saat ini.

Menurut Alfeddy, bahan baku pupuk kompos diperoleh dari petani. Bahan baku seperti kohe sapi dan dedak juga mudah didapatkan.

Adapun komposisi pupuk kompos tersebut diantaranya, kohe sapi 90 persen, dedak 5 persen, dan kapur dolomit 5 persen. Bahan tersebut kemudian difermentasi dengan cara disiram dgn larutan gula dan dekomposer. Kemudian diaduk dan diperam selama 1 minggu. Setelah itu dikemas dalam plastik. 

 

 

 

Reporter : Dimas
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018