Senin, 04 Maret 2024


Memilih Cemilan Kuaci untuk Terapi Kesehatan Keluarga

15 Mei 2021, 06:39 WIBEditor : Ahmad Soim

Kuaci biji buah Semangkan dan kuaci biji Bunga Matahari | Sumber Foto:Repro dari Lapak Online

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta – Ada beberapa pilihan kuaci untuk cemilan keluarga. Bisa dicemil sambil bercengkerama bersama keluarga dan sahabat. Lebih dari itu, kuaci ternyata memiliki beragam manfaat buat kesehatan

Pilihan pertama, keluarga bisa memilih kuaci biji Semangka. Pilihan yang ditawarkan di lapak online di antaranya cap Mickey Mouse, dengan berat 200 gram ditawarkan dengan harga Rp 23.900.  Rasanya asin dan geregetan bila kita mengigit.

Ada yang lebih murah, yakni kuaci dari biji bunga matahari. Dengan berat 275 gram ditawarkan dengan harga Rp15.000.

Beragam Manfaat Buat Kesehatan

Kuaci biji bunga matarahari merupakan sumber vitamin E dan antioksidan yang memiliki banyak manfaat antara lain : menjaga kesehatan kardiovaskular dan mencegah penyakit jantung, menstabilkan tekanan darah, anti inflamasi / radang, mengurangi resiko diabetes, menguatkan tulang dan sendi, dan baik untuk kesehatan kulit.

Sedangkan kuaci dari biji Semangka setidaknya memiliki lima manfaat buat Kesehatan. Pertama,  biji semangka tanpa garam, dapat membantu mengontrol kolesterol dalam tubuh. Sangat cocok untuk Anda yang sedang dalam proses diet, karena protein dalam tubuh akan terpenuhi dengan kandungan kolesterol yang rendah.

BACA JUGA:

Kedua, mengontrol tekanan darah.  Kandungan zat Citrulline dalam biji semangka dapat melebarkan pembuluh darah, serta kandungan mineral Mg yang cukup tinggi.

Ketiga, membantu usus tetap sehat. Keempat, meningkatkan daya ingat. Bagi yang masih muda dan memiliki masalah dengan daya ingat, juga para lansia, bisa ngemil kuaci biji semangka untuk menambah daya ingat, karena kandungan asam aminonya dipercaya mampu meningkatkan ketajaman daya ingat seseorang.

Kelima, sumber antioksidan. Terdapat kandungan lycophene yang cukup tinggi dalam biji semangka.  Menurut penelitian lycophene merupakan salah satu zat antioksidan yang baik untuk tubuh.

=== 

Sahabat Setia SINAR TANI bisa berlangganan Tabloid SINAR TANI dengan KLIK:  LANGGANAN TABLOID SINAR TANIAtau versi elektronik (e-paper Tabloid Sinar Tani) dengan klikmyedisi.com/sinartani/ 

Reporter : Som
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018