Minggu, 21 Juli 2019


Yuk Bikin BALADA, Balsam Hangat dari Lada

15 Peb 2019, 14:51 WIBEditor : Gesha

Balsam lada jadi olahan kreatif untuk lada | Sumber Foto:ISTIMEWA

Adanya Balada ini tentunya tidak hanya melestarikan lada tetapi juga sebagai alternatif dalam peningkatan ekonomi berbasis kerakyatan.

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta--- Balsam sudah lama memang menjadi andalan obat tradisional masyarakat Indonesia. Namun, siapa sangka ternyata obat tradisional ini bisa dibuat dari komoditas rempah yang menjadi emas di dunia perdagangan zaman dulu, yaitu lada. 

Usaha lada berkali-kali mengalami jatuh bangun, sering kali harga lada terdengar turun termasuk dengan nilai ekspornya.

Padahal meningkatkan nilai jual lada tidak hanya ditingkatkan dari hasil produksi usaha taninya saja tetapi juga berupa produk olahannya. Salah satunya yaitu dengan balsam lada.

Bahan utama untuk membuat lada yaitu minyak lada. Menurut Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur, minyak lada dibuat dengan cara penyulingan.

Minyak terbuat dari lada hitam yang berumur 4-5 bulan, limbah pengolahan lada yaitu tangkai, lada hitam enteng, kulit lada, lada putih enteng, lada pecah, dan lada gugur. 

Jika kita membeli minyak lada langsung tentunya harganya akan lebih mahal dibandingkan dengan ladanya.

Nah setelah kita mendapatkan bahan baku utamanya kini saatnya membuat balsam. Untuk membuat balsam tentunya kita memerlukan bahan tambahan lainnya.

Untuk wadah balsam dengan ukuran 15 mL kita membutuhkan bahan diantaranya, :

  1. Cetil alkohol                1,50 gram
  2. Vaselin album              5,25 gram
  3. Parafin/lilin                  2,50 gram
  4. Minyak lada                 1,50 ml
  5. Minyak gandapura        1,50 ml
  6. Minyak pala                 0,75 ml
  7. Mentol                         2,0 gr   

Bahan kemudian dimasukkan ke dalam alat pembuat balsam yaitu tangki yang dibuat dari steinless steel yang terdiri dari tangki bagian dalam untuk menyimpan bahan baku dan tangki luar untuk pemanas yang berisi air.

Masukkan air ke dalam tangki bagian luar, kemudian nyalakan pengaduk, seluruh bahan diaduk sampai cair dan merata.

Setelah seluruh bahan mencair sempurna atau homogen, tuang dan masukkan ke dalam kemasan, tutup kemasan dengan segera agar kandungan bahan dalam minyak atsiri tidak menguap.

Nah, sekarang Balsam Lada (BALADA) bisa langsung menghangatkan bagian tubuh Anda. Adanya Balada ini tentunya tidak hanya melestarikan lada tetapi juga sebagai alternatif dalam peningkatan ekonomi berbasis kerakyatan.

Reporter : Putri Yudhia
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018