Sabtu, 01 Oktober 2022


Produksi Lemon Gemeli, Burhanudin Habiskan 1 Ton Lemon Per Minggu

03 Jun 2022, 11:25 WIBEditor : Herman

Burhanudin Produsen Lemon Gemeli | Sumber Foto:Soleman

 TABLOIDSINARTANI.COM, Batu Malang --- Bagi anda yang ingin menjaga imun tubuh, ungkin air lemon bisa menjadi pilihan, karena disana banyak mengandung antioksidan, vitamin C, maupun vitamin B. Hal tersebut sudah dibuktikan Burhanudin yang lama berjualan buah lemon dan memproduksi air lemon dengan nama Lemon Gemeli. 

Air Lemon Gemeli yang diproduksi Burhanudin merupakan sari lemon asli yang diolah secara higienis sehingga kadungan yang terdapat didalam lemon seperti vitamin B dan vitamin C tidak hilang. Dengan mempertahankan kualitas produknya tidak heran bila Lemon Gemeli buatan Burhanudin banyak diminati pasar.

Diungkapkan Burhanudi, sebelum memproduksi lemon Gemeli ia merupakan penjual buah lemon segar. Namun karena pasar yang tidak memento ia mencoba mengolah lemonnya menjadi minuman lemon.

”Kita mulai produksi tahun 2019, awalnya dulu mulai dari berjualan buahnya kalau menjual buah saja pasarnya tidak tentu akhirnya kita mencoba diperas dan dipasarkan ternyata banyak yang tertarik, dulu kita juga menanam di lahan walaupun jumlahnya masih sediki,”tuturnya. 

Dalam membuat air lemon, bahan yang digunakan hanyalan buah lemon segar yang sudah masak/matang yang ditandai dengan empuk ketika ditekan. Untuk prosesnya, lemon segar yang sudah dipersiapkan kemudian diperas dan disaring sehingga didapat air lemon yang bersih. Setelah itu, air lemon di masak dan setelah itu dibiarkan dingin lalu dikemas. 

Dengan harga jual Rp 40 ribu untuk botol ukuran 500 ml dan Rp 25 ribu untuk kemasan 250 ditambah pemasaran secara online di marketplace Tokopedia dan Shopee membuat Lemon Gemeli laris manis dipasaran. 

Hal tersebut ditunjukkan dengan produksi yang tidak sedikit yaitu, dalam sehari rata-rata Burhanudin mengolah sekitar 3 kuintal jeruk lemon segar, dalam 1 minggu kira-kira 1-2 ton, “Harga buah lemon sekarang kisaran Rp 4 ribu per kilonya, kalau di sekitar daerah sini habis, kita mencari di daerah Tumpang, kalau stok buah habis juga kita mencari di Palembang, biasanya dari sana kita langsung 8 ton,”tambahnya. 

Reporter : Soleman
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018