Sabtu, 19 Oktober 2019


Ini Dia ! Racikan Ampuh Atasi DBD dari Balittro

13 Mar 2019, 19:39 WIBEditor : Gesha

Inilah Formulasi Ampuh atasi DBD | Sumber Foto:MUKHLIS

Racikan ini sangat berguna untuk masyarakat yang berada jauh dari fasilitas kesehatan (Rumah Sakit) atau sebagai bahan untuk pencegahan serangan DBD

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Bogor --- Hingga sekarang belum ada anti virus yang bisa mengobati penyakit Demam Berdarah Dangue (DBD). Tindakan dokter pun hanya dengan menurunkan panas, meningkatkan daya tahan tubuh dan trombosit. Padahal, ada racikan ampuh yang berasal dari dapur sendiri dan bisa dilakukan masyarakat di rumah.

Racikan tersebut merupakan hasil penelitian dari Balai Peneltian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) dan menggunakan bahan yang gampang ditemukan disekitar rumah dengan teknik pengolahan yang sederhana.

“Selain formula yang bisa diracik sendiri, Balittro juga sudah memiliki produk siap minum yang bekerja sama dengan perusahaan swasta dengan nama DEHAF,” ujar Kepala Seksi Jasa Penelitian, Dra. Nur Maslahah, M.Si ketika mewakili Kepala Balittro dalam pembukaan Bimbingan Teknis Penanganan Demam Berdarah (DBD) dengan Herbal, Rabu (13/3).

Masyarakat bisa meracik sendiri formulanya, karena hanya terdiri dari daun jambu klutuk merah, daun papaya, meniran, temu ireng dan kunyit."Racikan ini sangat berguna untuk masyarakat yang berada jauh dari fasilitas kesehatan (Rumah Sakit) atau sebagai bahan untuk pencegahan serangan DBD," tutur Peneliti Balittro Ir. Ana Bagem Sembiring.

Peserta BIMTEK Balittro

Bagi masyarakat awam, jambu klutuk memang dikenal dengan khasiatnya dalam menangani DBD. Tetapi ada kekeliruan yang membuat salah kaprah.  "Selama ini masyarakat menganggap bahwa buah jambu klutuk merah itu yang bisa mengobati  DBD, padahal yang sebenarnya adalah daun jambunya yang ampuh dibuat obat," tukas Ana.

Sebab, daun jambu klutuk merah mengandung senyawa tanin dan flavonoid.  Sehingga, ekstrak daun bermanfaat bisa menghambat pertumbuhan virus dengue dan menambah jumlah trombosit. “Gunakan dau jambu yang tidak terlalu tua,” katanya menambahkan.

Sedangkan, ekstrak daun pepaya dapat meningkatkan sel darah merah dan  sel  trombosit. Daun meniran juga mengandung Filantin dan hipofilantin yang mampu melindungi sel hati dari zat berupa parasit, obat-obatan, virus maupun bakteri.

Manajer KAT Balittro, Dedi Rosadi menjelaskan cara meracik formula untuk DBD. adalah sebagai berikut :

Bahan :

  • Batang Daun Meniran            (3 buah)
  • Temu Ireng                        (10 gram)
  • Kunyit                                (10 gram)
  • Daun Pepaya                       (1 helai)
  • Daun Jambu Klutuk Merah     (3 helai)

 

Cara Membuat :

  1. Bahan-bahan tersebut ditambah dengan 4 gelas air dan setengah sendok garam, kemudian  di blender atau direbus
  2. Racikan tersebut bisa diberikan satu gelas dalam empat jam sekali sampai panas tubuh pasien turun.
  3. Selamat Mencoba semoga bermanfaat.

 

 

 


 

 

 

 

Reporter : Mukhlis
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018