Jumat, 22 Februari 2019


Kementan Canangkan Gerakan Gemar Tanam dan Konsumsi Sayuran Lokal

03 Peb 2019, 22:48 WIBEditor : Gesha

Ayo kita tanam dan konsumsi sayuran san buah lokal | Sumber Foto:HUMAS HORTIKULTURA

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Pandeglang ---  Kementerian Pertanian (Kementan) tengah mencanangkan gerakan gemar tanam dan konsumsi buah-buahan dan sayuran guna mengoptimalkan pemanfaatan lahan pekarangan dan lahan tidur.

Direktur Jenderal Hortikultura Suwandi mengaku sangat optimistis dapat mewujudkan program tersebut karena kegiatan tanam buah dan sayuran di samping dalam hamparan lahan skala luas, juga dapat ditanam di kebun pekarangan. Cabai dan sayuran lainnya bisa ditanam di teras rumah perkotaan dalam polybag.

"Saya meyakini program ini dapat meningkatkan ketahanan ekonomi keluarga. Hasil tanam buah dan sayur di pekarangan dapat dikonsumsi untuk kebutuhan pangan keluarga setiap hari," ujarnya.

Menurutnya, untuk mensukseskan program tanam dan konsumi buah dan sayuran, dapat juga melalui langkah nyata yakni dengan menghimbau Aparatur Sipil Negara (ASN) bidang pertanian, baik yang ada di pusat maupun daerah untuk tanam buah dan sayuran di kebun dan pekarangan rumahnya.

"Untuk cabai dan sayur lainnya bisa ditanam di teras rumah perkotaan dalam polybag atau pot yang terbuat dari barang bekas atau limbah rumah tangga. Jika ini terwujud, hortikultura menjadi primadona bagi generasi milenial, apalagi subsektor ini sangat prospektif mendongkrak nilai ekonomi dan pendapatan petani," ujarnya.

Tak hanya bertanam, konsumsi buah dan sayuran lokal juga akan terus ditingkatkan Kementan. Tak hanya dikonsumsi segar, aneka hortikultura tersebut bisa juga diolah terlebih dahulu sehingga akan lebih menarik.  "Misalnya buah durian, alpukat atau pisang diolah menjadi penganan seperti piza, kue kering, dodol, kripik serta aneka jus," sebutnya.

Suwandi juga sempat menyebutkan pada Festival Hortikultura Pandeglang 2019, para kelompok wanita tani di Pandeglang sangat kreatif dalam mengolah aneka panganan. Hal ini terlihat dari olahan makanan berbahan dasar dari buah - buahan lokal. Seperti puding, sosis, dodol, dan masih banyak lagi olahan makanan yang berbahan dasar buah - buahan disajikan.

Sementara itu, Bupati Pandeglang, Irna Narulita menyambut baik pencanangan program tanam dan konsumsi buah dan sayuran tersebut. Pasalnya, pengembangan hortikultura merupakan harapan besar bagi masyarakat Pandeglang karena banyak yang bergerak di sub sektor hortikultura khususnya buah dan sayuran.

"Kami punya semangat yang tinggi dan banyak belajar dari Kabupaten lain yang telah sukses. Jadi kita terus dorong dan akan ada pengelompokan daerah strategis dalam pengembangan hortikultura," tutur Irna.

 

Reporter : Ali Sjahban
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018