Sabtu, 19 Oktober 2019


SenseHub, Software Uji Citarasa untuk Hasilkan Pangan Selera Masyarakat

26 Mar 2019, 18:33 WIBEditor : Gesha

Uji sensorik sangat dibutuhkan industri makanan untuk menghasilkan citarasa yang bisa diterima masyarakat | Sumber Foto:ISTIMEWA

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Bagi industri makanan minuman, uji citarasa berupa uji sensorik  sangatlah penting sebelum pangan tersebut diluncurkan di masyarakat. Kini sudah ada software uji sensorik bernama SenseHub yang mempermudah.

"Uji sensoris yang ada saat ini tergolong rumit. Startup kami ini membuat software uji sensoris citarasa yang mudah digunakan, mudah dimengerti dan terjangkau. Namanya adalah SenseHub,” jelas Chief Executive Officer dari startup Sensolution.ID, Muhammad Aswan Syahputra.

Uji sensoris sendiri merupakan sebuah sistem uji objek makanan yang menggunakan indera, yakni: indera penciuman, indera penglihatan, indera pengecap, dan indera peraba.

Uji sensoris biasanya digunakan oleh perusahaan makanan atau minuman ketika akan meluncurkan produknya. Sehingga produk yang nanti beredar di masyarakat adalah produk yang sesuai selera.

Tidak hanya makan dan minuman olahan saja untuk uji sensoris, Aswan pun menceritakan citarasa buah-buahan dapat dilakukan uji sensoris. “Kita ambil contoh durian.

Sekarang banyak sekali ragam jenis dan rasa durian. Misalnya ada seseorang ingin berbisnis di durian di daerah A. Nah, dia lakukan uji sensoris jenis dan rasa yang diminati di daerah A.

"Akhirnya diketahui bahwa di daerah A senang durian yang rasanya manis berdaging tebal (misalnya). Jadi si pengusaha durian ini segera memasarkan durian yang sesuai dengan daerah A,” jelasnya.

Uji sensoris yang konvensional memang tidak sepraktis yang diluncurkan oleh aplikasi milik Aswan. Dengan adanya aplikasi (software) mengenai uji sensoris buatan lokal, tentu menjadi hal yang luar biasa bagi bisnis usaha makanan-minuman.

“Software ini kami ciptakan untuk mempermudah siapapun (baik pelaku industri, petani, pemerintah dan masih banyak lainnya) kekhasan citarasa suatu daerah yang ada di Indonesia,” pungkas Aswan.

Reporter : Clara
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018