Tuesday, 28 June 2022


Kota Kretek, Kudus Tawarkan Camilan Labu Kuning

28 Apr 2022, 09:52 WIBEditor : Yulianto

Mudik jangan lupa oleh oleh dari Kampung | Sumber Foto:Dok. Java Travel

Banyak makanan khas dan wisata kuliner dari Kota Kretek, Kudus. Soto Kudus menjadi yang paling terkenal. Sedangkan camilannya adalah dodol. Masyarakat Kudus menyebutnya jenang.

Selain jenang, kini ada pilihan lain bagi pemudik atau wisatawan yang berkunjung ke kabupaten tersebut membawa oleh- camilan dari labu kuning. Saat puasa masyarakat biasa mengolahnya menjadi kolak.

Namun, ditangan Nurhayati, ternyata labu kuning juga dapat dinikmati sebagai camilan. Menggunakan nama tiga anaknya, Nurhayati membuat label merk dagang Elbina. Lokasi usahanya berada di Kota Kretek, tepatnya di Desa Bulung Cangkring RT 3, RW 3, Kecamatan Jekulo, Kudus.

BACA JUGA:

Ke-Karawang-Jangan-Lupa-Beli-Sirup-Kawista

Saat ini produk Elbina sudah beragam. Ada stik labu, brownies labu, donat labu, puding, bolu dan tiwul. “Olahan pertama saya stik labu. Dari stik labu, kemudian saya mencoba olahan lainnya. Donat labu, bolu gulung labu, dawet labu, tiwul labu, brownies labu, dan tepung labu,” tuturnya.

Selain membuat brownies dan tiwul, ia juga menjual tepung labu. Untuk kemasan harga 1/2 kg dijual seharga Rp 35 ribu. Sedangkan kemasan 1 kg dengan harga Rp 60 ribu. Namun Nurhayati mengingatkan, tepung labu produksinya hanya bisa untuk membuat kue. “Kalau dipakai untuk selain membuat kue tidak bisa,” ujarnya.

Nurhayati mengatakan, saat permintaan pasarnya cukup bagus. “Saya jual melalui market place ada juga yang langsung membeli ke tempat produksi kami,” katanya. Saat ini omset usaha Elbina mencapai Rp 15 juta/bulan.  

Sementara itu bagi pemudik yang sempat mampir ke Boyolali jangan lupa bawa Mie Mocaf dan Serundeng  Singkong Crispy. Baca halaman selanjutnya.

 

Reporter : Echa
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018