Tuesday, 17 May 2022


Pupuk Nutritop, Top Kembali Kesuburan Tanah  

27 Jan 2022, 16:53 WIBEditor : Yulianto

Pupuk Nutritop produk PT. MUM | Sumber Foto:dok. PT. MUM

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta---Kondisi lahan pertanian kini kian kritis sebagai dampak penggunaan pupuk kimia yang berlebihan. Karena itu upaya pembenahan tanah perlu dilakukan agar produksi pertanian tak mengalami pelandaian.

Direktur PT Mitra Utama Makmur (MUM) Gunawan Suryawan mengatakan, kegiatan budidaya secara terus menerus membuat unsur hara dalam tanah semakin berkurang hingga batas minimum. Untuk itu, solusi terbaik selain melakukan polikultur adalah pemupukan yang ramah lingkungan.

“Nitro KingPlus NutriTop adalah solusi terbaik dalam pemupukan nitrogen, karena mengandun biostimulan yang mampu meningkatkan jumlah bakteri di dalam tanah. Pemberian pupuk Nitro KingPlus NutriTop sekaligus menjadi penyubur tanah,” ujarnya pada tabloidisinartani.com, beberapa waktu lalu.

Dikatakan, nitrogen merupakan unsur hara esensial yang digunakan lebih dominan setelah Carbon (C), Hidrogen (H) dan Oksigen (O) dan dibutuhkan sepanjang pertumbuhan tanaman. Tanah memang menyuplai nitrogen, namun tidak mampu memenuhi kebutuhan tanaman hingga panen. “Karena itu harus ada upaya pemupukan Nitro KingPlus NutriTop sebagai suplai dari luar agar hasil panen tanaman mampu mencapai optimal,” katanya.

Gunawan mengungkapkan, Nitro KingPlus NutriTop adalah pupuk pengganti urea yang dilengkapi dengan teknologi pemupukan, yakni mengandung Nitrogen, Sulfat dan Biostimulan. Nitro KingPlus NutriTop juga disebut sebagai pupuk Hara Makro Majemuk karena memiliki 2 unsur makro. “Kedua unsur merupakan unsur hara makro esensial yang dibutuhkan dalam jumlah banyak,” ujarnya.

Dalam nitro Kingplus ada technology Enhancer dan Biostimulant. Enhancer pengatur penyerapan Nitrogen, sehingga tidak mudah hilang. Biostimulant berfungsi menyuburkan tanah dan ini Adalah satu satu nya di Indonesia dengan Biaya relative terjangkau mengingat dosis hanya 50 persen Urea.

Biostimulan yang terkandung pada Nitro KingPlus NutriTop membuat Nitrogen pada pupuk tidak mudah hilang karena suhu terlalu panas atau curah hujan terlalu tinggi. Sebab, nitrogen umumnya bersifat mobile (mudah bergerak)“Pada saat suhu terlalu tinggi Nitrogen akan menguap bersama air tanah permukaan. Sedangkan saat curah hujan terlalu tinggi Nitrogen akan hanyut bersama air infiltrasi (laju air dibawah tanah),” tuturnya.

Gunawan menjelaskan, Nitrogen yang terdapat pada Nitro KingPlus NutriTop dalam bentuk Nitrat dan Ammonia. Hal ini membuat pupuk tersebut dapat digunakan pada lahan basa (lahan dengan pH di atas 7) ataupun lahan masam (lahan dengan pH dibawah 7).

Pupuk tersebut diyakini Gunawan sangat ramah lingkungan, karena bersifat biodigradible (mudah terurai), sehingga tidak meninggalkan residu yang berbahaya bagi tanah dalam suhu tinggi ataupun rendah.

Menurutnya, semua tanaman melakukan fotosintesis untuk menghasilkan energi.  Hal ini berkorelasi dengan jumlah Nitrogen yang dibutuhkan. Dengan demikian, hampir semua tanaman dapat diberikan pupuk Nitro KingPlus NutriTop. Namun yang membedakan setiap jenis tanaman hanya dosis pemberian pada tanaman.

Tanaman dengan family yang sama cenderung  memiliki dosis kebutuhan yang sama. Namun lokasi penanaman dan iklim juga dapat menjadi faktor pemberian dosis yang dianjurkan. “Hal ini juga membutuhkan pemahaman yang lebih dalam,” ujarnya.

Meski berbentuk granul, namun butiran Nitro KingpPlus mudah larut air. Dengan demikian, pengaplikasiannya dapat secara langsung seperti ditebar di permukaan tanah atau ditugal kedalam tanah dan dilarutkan seperti foliar (semprot kebagian tanaman). Bisa juga dikocor (larutkan ke dalam air dan disiramkan ke media tanam), atau fertigasi (melatutkan pupuk pada air irigasi tanaman).

Reporter : Nisa Irlanda/Echa
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018