Jumat, 23 Februari 2024


Mengenal Lebih Dekat, Laboratorium Pertanian Bersertifikat di Galepek Ungaran

29 Nov 2023, 13:50 WIBEditor : Herman

laboratorium yang menjadi bagian dari Instalasi Penerapan Dan Pengembangan Standar Instrumen Pertanian (IP2SIP) Ungaran, Jawa Tengah | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Ungaran --- Tidak banyak orang yang tahu bahkan penduduk kota Ungaran sendiri, bahwa ada sebuah laboratorium pertanian bersertifikat di kotanya. Karena memang laboratorium yang menjadi bagian dari Instalasi Penerapan Dan Pengembangan Standar Instrumen Pertanian (IP2SIP)  Ungaran, Jawa Tengah berada tersembunyi diatas bukit Galepek, Ungaran. Memiliki peralatan yang lengkap dan petugas-petugas yang kualified Laboratorium Penguji IP2SIP Ungaran siap melayani masyarakat.

IP2SIP Ungaran menempati lahan seluas 3 Ha. Terdiri dari bangunan kantor, ruang pertemuan, laboratorium dan juga ada beberapa rumah dinas. Sisa lahan yang masih luas digunakan untuk kandang ternak dan kebun ,  dan kebun percobaan. Karena berada diatas bukit, maka mempunyai panorama yang menawan, Terlihat dari lokasi ini hamparan kota dengan latar belakang gunung Ungaran yang indah.

Koordinator IP2SIP Ungaran Imam Firmansyah, mengatakan bahwa di instalasi ini tersedia laboratorium pengujian tanah dan pupuk, laboratorium pengembangan cultur jaringan, dan sudah dipersiapkan laboratorium pengujian gabah dan mutu pangan.

Beberapa jenis analisis yang ditawarkan laboratorium ini antara lain :

Analisis kimia tanah sebanyak 13 item yang diantaranya adalah : Tekstur tanah, pH tanah, kandungan C organik, N tersedia, K tersedia, KTK (Kapasitas Tukar Kation), juga pengukuran unsur makro dan mikro lengkap. Berbagai metode pengujian disesuaikan  dengan keperluan. Misalnya pengujian pH-H2O dan KCl   menggunakan metode elektrimetri, sedang untuk pengujian C-Organik menggunakan metode spektrofotometri.

Selanjutnya ditawarkan pula analisis kimia pupuk organik dan pupuk anorganik. Pada pupuk organik ada 8 item yang dapat dianalisis, antara lain kadar air, pH H20 dan KCl 1 M, kadar abu, C-organik, Nitrogen total, ekstraksi total mikro dan makro dan kandungan unsur makro dan mikro.

Pada pupuk anorganik ada 4 item yang dapat diuji, yaitu : kadar air, Nitrogen total, pengukuran unsur makro dan mikro dan pengukuran Cl.

Disini juga melayani pengujian analisis kimia jaringan tanaman, terdapat 4 item pengujian, yaitu : kadar air, N-totak, kadar abu dan silikat kasar, ekstraksi dan destruksi total unsur makro dan mikro yg meliputi unsur : P, K, Na, Ca, Mg, S, Fe, Mn, Zn, da Cu.

Pengujian lain yang ditawarkan adalah analisis kimia pakan ternak dan makanan. Untuk pengujian ini ditawarkan 7 item yang meliputi : kadar air, kadar abu, lemak kasar, serat kasar, protein kasar dan Mineral. Mineral yang diuji yaitu : Ca, P, Mg, K, Cu, Mn, Fe dan Zn.

Tentang biaya pengujian, IP2SIP menentukan  sesuai ketentuan dan peraturan yang berlaku bagi instansi pemerintah. Yang jelas biaya yang dihitung per item pengujian, jauh lebih rendah dari biaya yang dipatok laboratorium swasta.

Menurut  Imam, biaya yang dikenakan untuk pengujian laboratorium sudah sesuai ketentuan pemerintah. Instansinya tidak berani menambah atau mengurangi. Tetapi tidak menutup kemungkinan perlakuan khusus, apabila ada rekomendasi dari atasan atau berkaitan dengan kegiatan - kegiatan sosial.

“ Selama ini kami melayani permintaan pengujian tanah, pupuk organi, pupuk anorganik, pakan ternak dari kelompok tani, pengusaha UMKM, koperasi bahkab juga dari apparat penegak hukum kepolisian atau kejaksaan. Kalau penegak hukum biasanya terkait dengan peredaran pupuk palsu” kata Imam.

Ketua DPD Perhiptani, yang juga Koordinator Fungsional Penyuluh Pertanian Kota Tegal,Iswari Gunartiningsih, SP, menyatakan sangat tertolong oleh laboratorium IP2SIP yang pada waktu itu masih bernama BPTP Jawa Tengah.

Iswari bersama teman-teman anggauta Perhiptani Kota Tegal membentuk koperasi, lalu bermitra dengan kelompok peternak kambing memproduksi pupuk organik, yang diberi merek “Bahari Laka Tunggale” atau disingkat BLT.

Berkat pengujian pupuk organik yang dilakukan oleh Laboratorium tersebut, maka pupuk kompos BLT makin mantap diedarkan ke konsumen.

“ Berkat sertifikat dari laboratorium yang bonafid, pupuk kami jadi lebih laris, sudah begitu biaya uji lab juga tidak mahal” ujar Iswari.

Imam Firmansyah menegaskan untuk permintaan pengujian di IP2SOP cukup mudah, masyrakat bisa datang langsung dengan membawa sampel, atau permohonan melaui WA / email kemudian sampel dikirim.

IP2SIP merupakan instalasi dibawah Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Jawa Tengah yang berkantor di Jl. Soekarno Hatta No 10, Bergas Lor, kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Reporter : Djoko W

Reporter : Djoko W
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018